HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 21 Oktober 2012

Khotbah Minggu, 21 Oktober 2012

DIBELI DENGAN HARGA MAHAL       
Ayat Pokok:  1 Korintus 6:20
Oleh: Pdt. Hin Lumintang, Kendari, Sulawesi Tenggara

Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu! 

Untuk memiliki sesuatu yang diinginkan, ada harga yang harus dibayar.  Puji Tuhan!  Saudara dan saya telah dibeli lunas dengan harga yang amat mahal: bukan emas atau perak, melainkan darah Kristus Yesus – 1 Petrus 1:18-19!

Dibeli Dengan Harga Mahal
Meski diciptakan dari debu tanah, manusia adalah ciptaan Allah yang sempurna, mulia dan sangat berharga di antara semua ciptaan lain.  Sebab manusia diciptakan menurut gambar Allah sendiri!

Saat jatuh dalam dosa, manusia yang mulanya hidup berdampingan dengan Allah di taman Eden, diusir dan hidup terpisah dari Allah!  Namun, karena kasih yang begitu besar, Allah merancangkan Putera TunggalNya untuk mati demi menebus dan membebaskan manusia dari belenggu dosa. 

Dengan darahNya yang suci, Yesus menebus kita dari cara hidup lama yang sia-sia.  Kini saudara dan saya sepenuhnya milik Allah!  Bukan lagi milik Iblis; bukan pula milik kita pribadi.  Puji Tuhan!  Kita adalah bait Allah – tempat Allah tinggal.  Dan karena saudara dan saya adalah milik kepunyaanNya, Ia menjamin keselamatan kita – 1 Korintus 3:16-17. 

Lalu dengan apa kita membalas kasih Allah yang demikian besar?  Salah satunya: Allah menghendaki kita memuliakan Dia dengan tubuh kita; mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, kudus dan berkenan kepadaNya – Roma 12:1.  Haleluya! 

Membayar Harga
Untuk sungguh-sungguh menjadi orang percaya dan pengikut Kristus, ada harga yang harus dibayar.  Ketika pertama kali memberitahukan tentang penderitaan yang harus dialamiNya, Tuhan Yesus mengemukakan persyaratan untuk mengikut Dia – Lukas 9:23:
1. Menyangkal Diri: menyerahkan segala kehendak, sepenuhnya
   tunduk pada pimpinan Roh Kudus;
2. Memikul Salib: salib adalah bagian dari perjalanan hidup
   orang percaya. Setiap orang memiliki salib yang harus dipikulnya
   setiap hari. Yesus meninggalkan semua atribut keAllahanNya,
   merendah-kan diri, memikul salib, menderita bahkan mati di Golgota. 
3. Mengikut Yesus: Sekali Yesus, Tetap Yesus! Tidak goyah, apalagi
   mundur atau murtad, sampai tiba di ujung perjalanan, masuk dan
   tinggal selamanya dalam surga yang kekal!
 

Untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah, orang harus – Matius 18:3-4:
1. Bertobat;
2. Merendahkan Diri; dan
3. Menolak Apa Yang Dibenci Tuhan – 1 Yohanes 2:15-17.

Puji Tuhan! Rindukah saudara untuk bertemu dan tinggal selamanya bersama Dia yang telah membeli kita dan membayar lunas harganya dengan darahNya sendiri?  Tuhan Yesus memberkati saudara.

Previous article
Next article

Must Read