Agenda Baru

“Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun. Keluaran 12:2

SALAH satu yang menarik dalam Kekristenan adalah Paskah. Dalam Paskah yang paling pertama diubah Tuhan adalah Kalender. “Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulanbagimu;(Kel. 12:2) Karena selama 430 tahun Israel dijajah Mesir, Israel sudah lupa kebudayaan dan adat istiadatnya. Memerelukan Tuhan yang merubah kalender mereka.

DEMIKIAN juga bila seseorang menjadi orang Kristen, yang harus dirubah pertama kali adalah agenda mereka. Semua rencana harus diserahkan kepada Tuhan, dan hanya rencananya saja yang terjadi. Yesus memberei contoh di Getsemani ketika Ia 3x beruturut-turut berdoa hal yang sama, minta kalau bisa cawan itu disingkirkan, selalu Ia rubah agendanya, “tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”(Mat 26:39)
 
PADA tahun ini, apakah agenda saudara? Apakah kalender saudara? Apakah masih menggunakan kalender Mesir(dunia dan keakuan), atau kalender Tuhan? Apakah anda termasuk kutu lompat yang melompat kesana kemari menghindari agenda Tuhan dan acaranya Tuhan? Padahal Dia berkata, “Sebab rancanganKu bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalanKu…..”(Yesaya 55:8-9)
 
DULU ada nyanyian yang berbunyi: “Biar kehendak Tuhan, yang jadi tiap hari, tak ada sentosa sampai jadi kehendakNya. Srahkanlah dirimu dalam kehendakNya, dst.” Yang menarik adalah tidak akan ada damai, bila kehendak Tuhan tidak terjadi, atau dengan lain kata bila agenda dan acara dan kemauan kita yang tidak taat kepada pimpinan Gembala didunia, bagaimana kita bisa tunduk kepada pimpinan dan agendaGembala Agung Yesus? Mustahil!
 
JADI serahkanlah dulu kalender lama kita, kehendak daging kita, mau menang sendiri kita, kesombongan kita, dan dengan rendah hati menerima agenda Tuhan, acaranya Tuhan. Ingat Petrus? “Waktu kamu muda kamu mengikat pinggangmu dan pergi kemana engkau mau(agendanya) tetapi bila kamu sudah tua kamu akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ketempat yang tidak kau kehendaki(agendaNya). Siapkah anda?(JEA)

Doa: Aku serahkan hidup lamaku Tuhan, ubahlah aku seturut kehendak-Mu. Amin.

Must Read