Kesatuan

Supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Yohanes 17:21

MAKSUD Yesus mati di Salib adalah untuk mendamaikan manusia dengan Bapa di Surga. Surat Paulus mengatakan Dia mendamaikan yang jauh dan dekat menjadi satu dalam diri-Nya. Dalam surat Korintus Ia mengatakan, kita menjadi utusan Tuhan seolah-olah dengan mulut kita, kita berkata: “Berdamailah dengan Allah!” (2Kor 5:18-20). Juga tidak ada Yahudi, atau Yunani, tidak ada hamba atau merdeka, tak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu dalam Yesus Kristus.(Gal 3:28)

MAZMUR berkata pula bahwa alangkah manis dan indahnya bila kita saudara bersaudara bisa hidup dengan rukun, bahkan Tuhan akan memerintahkan berkat kepada persatuan itu (Maz  133). Anehnya yang paling sukar dipersatukan justru orang Kristen. Sampai-sampai Yesus perlu berdoa agar umat-Nya menjadi satu sama seperti Dia dengan Bapa.(Yoh 17:21). Bahkan juga Paulus menulis di antara kamu pasti akan ada perpecahan, supaya nampak siapa yang tahan uji.(1Kor 11:9)
 
PELAJARAN yang kita bisa dapatkan adalah, walaupun satu ladang, gandum dan lalang tak dapat bersatu. Walau satu botol, air dan minyak tak dapat bersatu. Gelap dan terang tak dapat bersatu. Dosa dan doa tak akan bersatu. Utara dan selatan, hidup dan mati. Gereja yang benar dan yang palsu. Jemaat daging dan jemaat rohani tak akan dapat bersatu. Organisasi dan organisme adalah dua hal yang beda.
 
JADI kesatuan yang diminati Yesus adalah sama seperti Dia dengan Bapa. Orang kudus akan bergaul dengan orang kudus. Yang suka akan kejujuran bergaul dengan yang jujur. Ikan yang baik dikumpulkan dengan yang baik. Domba dipisahkan dari kambing. Ini akan dikerjakan oleh alat penampi(Mat 3:12), memisahkan gandum dari sekam. Gereja yang rohani akan dipisahkan dari gereja yang penuh kedagingan(catatan: daging tidak ada gunanya di depan Tuhan- Yoh 6:63). Firman Allah berkata, “Bukan oleh kuat dan gagah(daging) tapi oleh Roh Tuhan.”(Zakh 4:6).
 
NAH kita ada di kelompok mana? Bersatu dan bersatu ada dua macam. Persatuan yang dikerjakan oleh tangan manusia akan gagal. Tetapi bila kesatuan itu oleh karya Roh Kudus, itulah persatuan yang dihasilkan oleh karya Yesus di salib dan kamar loteng Yerusalem. Jadi, bersatulah, dengan catatan tidak asal bersatu. Bersatu kita teguh…!(JEA)

Doa: Tuhan, aku mau senantiasa bersekutu dengan sesama orang percaya. Amin.

Previous article
Next article

Must Read