HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 3 Februari 2013

Khotbah Minggu, 3 Februari 2013

“KAIROS”
Ayat Pokok: Efesus 5:14-16; Markus 5:1-20
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Allah menciptakan waktu.  Manusia mempergunakannya.  Dalam bahasa Yunani, waktu = kairos dan kronos.  “Kairos” adalah waktu yang Tuhan berikan sebagai kesempatan untuk melakukan sesuatu yang baik.  “dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat” – Efesus 5:16.

Roh Jahat di Gerasa
Begitu Yesus tiba di Gerasa dan turun dari perahu, seseorang berlari menghampiriNya: seorang yang datang dari pekuburan; seorang yang kerasukan roh jahat!

Perhatikan apa yang dilakukan orang ini saat bertemu dengan Yesus: “Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya lalu menyembah-Nya, dan dengan keras ia berteriak: “Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi?  Demi Allah, jangan siksa aku” – Markus 5:6-7. 

Seorang yang dikuasai roh jahat/Iblis, datang menghampiri, menyembah dan mengakui Yesus sebagai Anak Allah yang Mahatinggi!  Pada banyak kesempatan lain, Alkitab mencatat bagaimana Iblis mengakui Yesus sebagai Anak Allah!  Ironisnya, masih saja ada orang-orang yang menyangkal, tidak mengakui dan tidak percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah.

Dalam keadaan panik, takut dan terpojok, orang rupanya bisa ‘lupa’, bahwa Yesus adalah Anak Allah yang hidup! 

Pada malam sebelum Yesus dan murid-murid tiba di Gerasa, angin taufan yang sangat dahsyat mengamuk, membuat perahu mereka hampir tenggelam.  Ucapan murid-murid menunjukkan, mereka ‘lupa’ Siapa yang ada bersama mereka di dalam perahu!  Juga menunjukkan, pengenalan yang belum mendalam akan Yesus.  Atau iman yang belum berakar.  Kata mereka, “Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?” – Markus 4:35-41.

Legion
Saat ditanya siapa namanya, orang yang dirasuk setan itu berkata, “Namaku Legion, karena kami banyak.” 
Legion = satu resimen tentara Romawi yang terdiri dari 6000 prajurit.  Artinya, ada 6000 setan yang merasuk dan menguasai orang itu!

Angka 6000 bicara tentang 6000 tahun masa kekuasaan Iblis atas manusia dan dunia.  Berawal sejak Adam dan Hawa jatuh dalam dosa sampai sekarang, dan akan berakhir kelak saat Tuhan Yesus datang kembali, dimana Iblis akan dibelenggu 1000 tahun lamanya – Wahyu 20:1; 1 Tesalonika 4).

Waktu = Kairos
Iblis tahu persis bahwa waktunya sudah singkat – Wahyu 12:12b.  Ia akan dirantai selama 1000 tahun sebelum dilepaskan untuk waktu yang singkat, lalu menjalani pehukuman untuk selama-lamanya.  Itu sebabnya, terutama di hari-hari terakhir ini, ia bekerja ekstra keras untuk mengelabui, dan membawa sebanyak mungkin orang menjadi pengikutnya!

Injil Matius 8:28-34 mencatat kisah yang sama tentang orang yang dirasuk setan di Gerasa.  Iblis yang merasuk orang itu berteriak, “… Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah?  Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?” 

Selanjutnya kita membaca, Yesus mengabulkan permintaan setan untuk masuk ke dalam sekawanan babi.  Jumlah kawanan itu kira-kira 2000 ekor.  Angka 2000 bicara tentang masa 2000 tahun, sejak Yesus lahir sampai Yesus datang kembali kelak!

Sebagaimana seluruh kawanan babi itu kemudian terjun ke danau dan mati lemas di dalamnya, demikianlah ketika Tuhan Yesus datang kembali, Iblis akan ditangkap dan dibelenggu 1000 tahun lamanya!

Untuk menyelamatkan satu orang yang dirasuk setan, 2000 ekor babi jadi korban.  Karena cintaNya yang begitu besar, Yesus rela mengobankan DiriNya sendiri untuk menyelamatkan saudara dan saya.  Luar biasa!

Setelah Yesus mengeluarkan legion dari dalamnya, orang itu meminta agar ia diperkenankan mengikut Yesus.  Tetapi Yesus tidak mengijinkan.  Ia menyuruhnya untuk pulang ke kampungnya dan bersaksi!

6000 tahun lamanya Tuhan memberikan waktu kepada Iblis untuk bekerja!  Demikian pula kepada setiap manusia, Tuhan memberikan waktu (=kairos) untuk bekerja!

Mari, pergunakan waktu yang ada untuk melayani & bersaksi bagi Tuhan.  Puji Tuhan!  Tuhan Yesus memberkati saudara!

Must Read