HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKebaktian Jum'at Agung, 29 Maret 2013

Kebaktian Jum’at Agung, 29 Maret 2013

SALIB
Ayat Pokok: Filipi 2:5-8
Oleh: Pdt. Yos Mangundap, Cengkareng

Setiap orang – entah orang percaya atau bukan – suka, tidak suka – harus memikul salib!  Bukan atas kemauan sendiri melainkan karena terpaksa – Lukas 23:26; Matius 27:32.  Dua penjahat di sisi kiri dan kanan Yesus disalibkan bukan atas kehendak sendiri, tetapi karena kejahatan yang mereka lakukan – Lukas 23:32-33.  Demikianlah sepanjang hidup, setiap manusia – tak terkecuali – memiliki salib yang harus dipikul! 

Kematian Yesus
“Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah… dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita…” – Yesaya 53:4-5.

Berbeda dengan saudara dan saya, Yesus telah memikul salib, mengalami penderitaan dan sengsara yang luarbiasa sampai mati di Bukit Golgota – bukan karena kejahatan yang dilakukanNya – melainkan karena segala dosa dan kejahatan kita!  Dan semua itu dilakukanNya semata-mata karena kasih yang teramat dalam kepada saudara dan saya.  Haleluya!

Dibenarkan Karena Iman
“Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus” – Roma 5:1. 

Haleluya!  Saudara dan saya yang telah dibenarkan karena iman, bisa hidup dalam damai sejahtera dengan Allah!  Bukan hanya itu.  Kita (1) memiliki pengharapan untuk menerima kemuliaan Allah; (2) bisa bermegah dalam kesengsaraan.  Sebab kesengsaraan menimbulkan ketekunan; ketekunan mendatangkan tahan uji, dan tahan uji menimbulkan pengharapan yang sama sekali tidak mengecewakan – Roma 5:2-5.  Puji Tuhan!

Hari ini, mari renungkan kembali pengorbanan Tuhan kita Yesus Kristus di atas kayu salib.  Siapakah kita hingga layak menerima anugerah dan kemurahan Tuhan yang demikian besar? 

Pikul salibmu.  Jangan bersungut-sungut.  Tuhan Yesus berkata, “Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku” – Lukas 14:27.

Jangan pernah menjual/menukar Yesus/keselamatanmu dengan apapun yang ditawarkan dunia!  Tuhan Yesus memberkati! 

Must Read