HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanBerbakti Kepada Orang Tua

Berbakti Kepada Orang Tua

I Timotius  5:4 Tetapi jikalau seorang janda mempunyai anak atau cucu, hendaknya mereka itu pertama-tama belajar berbakti kepada kaum keluarganya sendiri dan membalas budi orang tua dan nenek mereka, karena itulah yang berkenan kepada Allah.

Saya kagum kepada seorang rekan pengerja pada sebuah Gereja. Ia sungguh berbakti kepada ibunya yang telah ditinggalkan ayahnya beberapa tahun lalu. Walau dengan keterbatasan berkat yang diterimanya setiap bulan, ia tetap setia support orangtuanya yang memang tidak lagi memiliki sumber penghasilan. Seorang anak yang berbakti dan tahu membalas budi orang tua.

Banyak faktor yang menyebabkan orang tua kita tidak lagi dapat menafkahi hidup mereka sendiri. Tetapi pada umumnya keterbatasan fisik yang semakin renta membuat mereka tidak lagi mampu mencari nafkah. Berbahagialah Anda bila orangtuamu mempunyai kelebihan dana yang ia simpan untuk masa tuanya. Tentu saja mereka tidak akan merepotkan Anda. Tetapi bila tidak, berkaca kepada Firman Tuhan, sebagai seorang anak atau bahkan cucu – Alkitab sungguh luarbiasa – Anda wajib memelihara kehidupan orangtua bahkan kakek nenek Anda. Alkitab tegas mengatakan, “Itulah yang berkenan kepada Allah.”

Mungkin ada yang berkelit, ”Ah, FirTu-nya kan bicara janda n nenek. Berarti kalo papa n opa saya masih hidup merekalah yang harus kerja memelihara hidup dirinya n mama ato oma saya dong.” Benar ayat di atas khusus bicara soal janda dan nenek. Tetapi dalam konteks Alkitab yang lebih luas ayat di atas tak terpisahkan dari Matius 15:3-6. Kalau Anda mau baca dengan teliti khusus ayat 5 dari Matius 15, maka Tuhan Yesus tegas menegur Ahli Taurat dan orang Farisi yang mengajarkan tidak masalah mengabaikan orangtua asal uangnya untuk persembahan kepada Allah.

Artinya sederhana, memelihara hidup orangtua bahkan kakek nenek adalah kewajiban yang tak boleh diabaikan begitu saja. Bila kita tahu memperhatikan orangtua bahkan kakek nenek kita, sesungguhnya kita adalah keluarga yang berbahagia. Keluarga yang berkenan kepada Allah.(TW)

Doa: Tuhan Yesus terimakasih telah mengingatkanku untuk berbakti kepada orangtua bahkan kakek neneku. Mampukanlah aku untuk berbuat lebih kepada orangtua dan kakek nenekku yang kukasihi. Amin.

 

Must Read