HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahHari Pantekosta, 19 Mei 2013

Hari Pantekosta, 19 Mei 2013

HARI RAYA PANTEKOSTA
Ayat Pokok: Kisah Para Rasul 2:1-7
Oleh: Ps. Kindah J. Greening, Australia

Hari-hari ini tidak lagi banyak gereja yang bicara tentang kuasa Pantekosta.  Karena itu, saya amat terkesan dan kagum pada gereja ini yang masih mempertahankan dan menjunjung tinggi nilai Pantekosta, dan mengadakan doa 10 malam. 

Ketika melawat ke tujuh gerejaNya, Yesus menegur salah satunya, “Engkau ternama, namun sesungguhnya engkau mati, buta, dan telanjang.  Engkau telah berpaling dari kuasa Pantekosta!”  Amat mudah kita kehilangan dinamika Roh Kudus!  Amsal 24:33-34 berkata, “Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring,” maka datanglah kemiskinan seperti seorang penyerbu, dan kekurangan seperti orang yang bersenjata.”

 
Pantekosta = Permulaan Era Baru
Pantekosta adalah permulaan satu era yang baru!  Gereja modern dewasa ini perlu mengalami perjumpaan sejati dengan kuasa Pantekosta.

Tidak sedikit tradisi dan kebiasaan-kebiasaan gereja yang justru membuat Firman Allah kehilangan kuasaNya!  Tradisi bisa menjadi penghalang bagi pekerjaan Roh Kudus.

Namun, ada yang positif dan sangat baik, seperti Perjamuan Kudus, pujian, penyembahan, korban persepuluhan, dan lain sebagainya.  Tentang Perjamuan Kudus, Tuhan berkata, “Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan (=masa lalu) sampai Ia datang (=masa akan datang)” – 1 Korintus 11:24.  Dalam Perjamuan Kudus, kita mengenang yang di belakang, sambil menatap jauh ke depan!

Pantekosta adalah sesuatu yang sangat hidup dan dinamis!  Hari ini kita mengenang apa yang terjadi 2000 tahun lalu, ketika Allah melawat 120 orang murid di kamar loteng di Yerusalem! 

“Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh.”  Haleluya!  Ijinkan Roh Kudus menguasai dan menggerakkan hidup saudara!

Hari Raya Pantekosta
Ketika Roh Kudus turun ke atas murid-murid pada hari ke-50 setelah kebangkitan Yesus, hidup mereka berubah total. 

Angin bertiup kemana ia mau – Yohanes 3:8a.  Demikianlah Roh Kudus menghancurkan berbagai penghalang, dan mengubah total hidup setiap orang yang diurapiNya.  Hari itu, ke-120 orang murid mulai berkata-kata dalam bahasa yang belum pernah mereka pelajari sebelumnya – Kisah Para Rasul 2:4

Kuasa Pantekosta
Jangan padamkan Roh!  Kuasa Pantekosta membuat gereja lebih dinamis.  Kuasa Pantekosta mengubah rasul Petrus, dari seorang pecundang yang tiga kali menyangkal mengenal Yesus, menjadi seorang yang dengan penuh keberanian dan suara nyaring berkhotbah, dan 3000 orang bertobat – Kisah Para Rasul 2:14-41.  Luarbiasa!

Jadikan hari ini titik balik dalam hidupmu dimana kita akan bergerak ke tingkat yang lebih tinggi.  Serahkan segenap hidup dan akal budimu pada Roh Kudus.  Maka Ia akan memenuhimu dengan RohNya sampai melimpah ruah!  Puji Tuhan!

Selamat Hari Raya Pantekosta!  Tuhan Yesus memberkati!

Must Read