HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 16 Juni 2013

Khotbah Minggu, 16 Juni 2013

TUJUAN PENYELAMATAN
Ayat Pokok: Kisah Para Rasul 2:39
Oleh: Pdt. Hendrik Suangga, Jakarta Timur

Apakah janji Allah?  Janji Allah antara lain adalah: “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi” – Kisah Para Rasul 1:8.  Haleluya!

Bagi penganut agama Yahudi, peristiwa ketuangan Roh Kudus menimbulkan banyak pertanyaan, karena selain bahasa setempat, ada pula bahasa-bahasa lain yang diilhamkan oleh Roh Kudus, dan yang dengan jelas diucapkan oleh murid-murid.  “Mereka sedang mabuk oleh anggur manis”, demikian komentar mereka!

Dipanggil Untuk Diselamatkan
Yesaya 42:6 – “Aku ini, TUHAN, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan…” Haleluya!  Saudara dan saya dipanggil untuk diselamatkan! 

Keselamatan hanya ada di dalam Yesus Kristus – tak ada yang lain – Kisah Para Rasul 4:12.  Nama “Yesus” berarti: Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka – Matius 1:21.

Diselamatkan Untuk Menjadi Saksi
Setelah menerima keselamatan, selanjutnya, kita dipanggil untuk menjadi saksi.  Menjadi saksi berarti menceriterakan yang sebenarnya, yang kita ketahui.  Tetapi untuk menjadi saksi, Tuhan mau agar saudara dan saya terlebih dulu dilengkapi dengan kuasa: Roh Kudus.

“Untuk membuka mata yang buta…” – Yesaya 42:7

Siapapun yang telah memperoleh keselamatan dari Tuhan, mempunyai tugas untuk membuka mata yang buta.   Secara jasmani, orang-orang Yahudi bisa melihat, namun mata rohaninya tertutup rapat! 

Untuk membuka mata mereka yang buta secara rohani, diperlukan banyak orang seperti Filipus!  Setelah menjadi murid Tuhan, ia langsung bersaksi.  Alkitab mencatat, “Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret” – Matius 1:45. 

Naaman mulanya merasa dilecehkan oleh nabi Elisa.  Namun, segera setelah ia ‘merendahkan diri’ dan melakukan apa yang diperintahkan sang nabi, ia pulih dari penyakit kusta yang dideritanya.  Matanya pun ‘terbuka’.  Katanya, “Sekarang aku tahu, bahwa di seluruh bumi tidak ada Allah kecuali di Israel” – 2 Raja-Raja 5:15.  Puji Tuhan!

Kuasa Roh Kudus
Di hadapan pengadilan Mahkamah Agama, Petrus dan Yohanes ditanya,  “Dengan kuasa manakah atau dalam nama siapakah kamu bertindak demikian itu?” – Kisah Para Rasul 4:7. 

Kisah Para Rasul 6:8 – “Dan Stefanus, yang penuh dengan karunia dan kuasa, mengadakan mujizat-mujizat dan tanda-tanda di antara orang banyak.”

Kisah Para Rasul 8: 4-6, Lukas 18, 2 Korintus 3:5, dan masih banyak ayat lainnya, mencatat tetang pekerjaan Allah Roh Kudus yang heran dan dahsyat. 

Allah memanggil saudara dan saya untuk menerima keselamatan.  Dia mau mencurahkan Roh KudusNya agar kita menjadi saksi bagiNya di manapun Ia menempatkan kita.  Bersediakah saudara?
Tuhan Yesus memberkati saudara.
 

Previous article
Next article

Must Read