HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 20 Juni 2013

Khotbah Minggu, 20 Juni 2013

RUMAH ALLAH
Ayat Pokok: Matius 12:43-45
Oleh: Pdt. Paul Runkat

Tubuh saudara dan saya adalah Rumah Allah, tempat kediaman Allah.  Kalau dulu, tubuh kita didiami dan dikuasai oleh roh jahat, puji Tuhan, kini Yesuslah yang tinggal di dalam kita.

Mengusir Roh Jahat
Hanya Yesus yang sanggup mengusir roh jahat dari dalam kita.  Ia mengusir satu legion roh jahat yang merasuk seseorang di Gerasa – Lukas 8:28-29. 

Orang percaya juga memiliki kuasa untuk mengusir setan/roh jahat dalam nama Yesus – Markus 16:17.  Haleluya!  Orang percaya ialah saudara dan saya yang memiliki Nama Yesus; Nama yang diperoleh saat kita dibaptis dalam air.

Perhatikan apa yang terjadi bila orang yang tidak memiliki nama Yesus, mencoba mengusir roh jahat.  “Yesus aku kenal, dan Paulus aku ketahui, tetapi kamu, siapakah kamu?”  Akibatnya, mereka malah dipermalukan dan dipecundangi iblis: “Dan orang yang dirasuk roh jahat itu menerpa mereka dan menggagahi mereka semua dan mengalahkannya, sehingga mereka lari dari rumah orang itu dengan telanjang dan luka-luka” – Kisah Para Rasul 19:13-16.

Tandus
Setelah diusir keluar, roh jahat akan mencari tempat perhentian; ia mengembara ke tempat-tempat yang tandus

• Mikha 6:13 – Dosa membuat seseorang menjadi tandus!
  Allah bisa menanduskan manusia karena dosa yang mereka lakukan!

• Yeremia 17:5-6 – Hidup orang yang mengandalkan manusia/diri
  sendiri = menjauhkan diri dari Tuhan akan menjadi tandus!

Roh jahat mengembara ke tempat-tempat tandus, tetapi ia tidak memperoleh tempat perhentian, sebab semua tempat/orang yang dikunjunginya tandus!  Itu sebabnya, ia memutuskan untuk kembali ke rumah yang telah ditinggalkannya!

Kosong
Karena tidak menemukan tempat yang ‘nyaman’ untuk didiami, roh jahat kembali ke rumah lama yang telah ditinggalkannya.  Mengapa?  Sebab meski sudah bersih dan rapi, rumah itu didapatinya KOSONG

Saat Tuhan mengusir roh jahat keluar dari dalam kita, Dia menyucikan kita dari segala dosa dan kesalahan – 1 Yohanes 1:7.  Setelah Yesus mengusir satu legion roh jahat keluar dari dalam seorang di Gerasa, Alkitab mencatat, ia duduk di kaki Yesus: sudah berpakaian rapi – Lukas 8:27-35.  Demikianlah keadaan kita saat Tuhan mengusir roh-roh jahat dari dalam kita: bersih, rapi. 

Namun sayang, rumah yang sudah disucikan Tuhan, didapati kosong sebab Allah tidak tinggal di dalamnya.  Itu sebabnya, roh jahat itu kembali dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat daripadanya untuk tinggal di sana!  

Orang percaya yang kembali pada kehidupan lama yang penuh dosa, keadaannya akan menjadi lebih buruk dari pada yang semula – 2 Petrus 2:20-22!

Karena itu, jangan beri tempat/kesempatan kepada iblis – Efesus 4:27.  Perhatikan bagaimana engkau hidup.  Jangan biarkan rumahmu kosong!  Pastikan Allah tinggal dalam kita! 

Allah Tritunggal
Orang tidak bisa mengabdi kepada dua tuan.  Kita harus memilih: Allah atau mamon = uang/harta dunia – Lukas 16:13!

Rumah yang telah bersih dan rapi jangan dibiarkan kosong!  Isi hidupmu dengan Allah Tritunggal, yaitu:

Bapa = Kasih (Agape) – 1 Yohanes 4:16-21. Kasih Allah harus
  senantiasa melimpah!  Mengasihi seteru & berdoa bagi mereka
  yang menganiaya, adalah wujud kasih Allah yang
  paling nyata – Matius 5:44.

Anak = Yesus = Firman – Yohanes 1:1;14. Hati dan pikiran
  harus penuh dengan Firman. Bukan sekedar mendengar, tetapi
  melakukan sesuai Firman yang kita dengar. Itulah kekuatan
  kita. Bagai rumah dibangun di atas batu: ia takkan roboh
  saat hujan, banjir atau badai datang menerjang –
  Matius 7:24-27. Haleluya!

Roh Kudus = Kuasa – Kisah Para Rasul 1:8. Hendaknya hidup kita
  dipenuhi dengan karunia- karunia yang diberikan oleh
  Roh Kudus – 1 Korintus 12.

Satu waktu hidup saudara dan saya akan berakhir.  Kemah tempat kediaman kita di bumi (= tubuh ini) akan dibongkar.  Tetapi puji Tuhan, apabila saat itu tiba, Allah telah menyediakan bagi kita satu tempat kediaman yang kekal di dalam sorga – 2 Korintus 5:1.  Syaratnya? 

Jangan biarkan rumahmu kosong!  Jangan beri kesempatan pada iblis untuk kembali membawa lebih banyak kawanannya untuk tinggal dan menguasai saudara!

Mari, undang Allah Tritunggal: Kasih – Firman & Kuasa Roh Kudus untuk tinggal dan berkuasa atasmu!  Jangan biarkan rumahmu kosong! Tuhan Yesus memberkati.
 

Previous article
Next article

Must Read