Kerang & Bangau

Siapa menutupi pelanggaran, mengejar kasih, tetapi siapa membangkit-bangkitkan perkara, menceraikan sahabat yang karib. Amsal 17:9

Di tepi pantai kerang sedang membuka cangkangnya mencari makanan. Tak lama datang seekor bangau melihat kerang dengan cangkang terbuka, bangau itu tergoda untuk memakan dagingnya. Tanpa menunggu lama, bangau pun mematuk kerang. Tak kalah sigap, kerang lansung menutup cangkangnya. Paruh bangau tersangkut sehingga tidak berkutik. Kerang berkata, “Karena kau ingin makan dagingku, jangan harap aku melepasmu sampai kapanpun. Biar mati kau kelaparan di tepi pantai ini.” Bangau menjawab, “Kalau kau tidak melepasku, kau juga akan mati.” Tak satupun dari mereka mau mengalah. Akhirnya datang Nelayan, menangkap Bangau & Kerang dgn mudah.

Dalam Perselisihan, TIDAK ADA PIHAK yang diUNTUNGkan, hanya ada 1 pihak yang paling diuntungkan, yaitu IBLIS. Iblis akan sangat senang karena tahu bahwa saat tidak ada kerukunan, BERKAT tidak akan tercurah. Iblis pun memperoleh keuntungan karena dengan pertikaian, ia dapat menanamkan benih kebencian, dendam, amarah & kepahitan dalam hati manusia.

Jadi bila kita menyadari bahwa perselisihan lebih banyak menghasilkan kerugian, mengapa kita tidak berusaha Mengendalikan emosi? Selalu diperlukan 2 pihak untuk bertengkar. Bila kita tidak membalas kemarahan dengan kemarahan, tentu tidak akan ada pertengkaran, bukan? Jika kita merindukan berkat mengalir dalam kehidupan, mari ciptakan Kerukunan, dan Kedamaian dalam Hidup kita dengan sesama.

Semua yang ada di dunia ini hanyalah sementara karena itu, pergunakan dengan BIJAK!!! “Kebencian menimbulkan pertengkaran, tetapi kasih menutupi segala pelanggaran.”(Amsal 10:12).(da)

Doa: Tuhan, berikanlah pada kami hati yang saling mengasihi dan selalu mengampuni. Karena dengan mengasihi dan mengampuni,kami menyenangkan hatiMu. Amin.