HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanK A S I H, Tidak berbuat jahat

K A S I H, Tidak berbuat jahat

1 Korintus 13:1 Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.

KASIH adalah sesuatu yang paling sering didengung-dengungkan dari atas mimbar karena memang “kasih” atau Kasih Yesus adalah dasar keselamatan manusia dari segala dosa-dosanya. Tetapi sayangnya kasih itu juga sangat sering cuma lips service saja, atau hanya teori saja. Pada prakteknya masih jauh panggang dari api. Padahal Alkitab mengatakan dengan jelas, “kasih tak pernah gagal!”

TETAPI mengapa banyak orang Kristen mangalami kegagalan demi kegagalan dalam hidupnya? Bila demikian, apakah mereka tidak atau belum mengerti atau mempraktekkan kasih itu dalam hidup sehari-hari?
Saat ini kita akan membagi dua kasih itu. Kasih yang dialami, dan kasih yang hanya didengar. perbedaannya jauh sekali.

KASIH yang benar ditulis oleh Paulus dalam Roma 13, “Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama!” Jadi bila ada yang mengaku punya kasih tetapi tidak ada perbuatan kasih(seperti 1 Kor 13:1-3) maka dia tidak lebih hanya seperti caanang saja yang ribut memekakkan telinga. Golongan ini yang paling jarang di dalam umat Tuhan.

YANG kedua adalah kasih yang didengar. Dinyanyikan, dideklamasikan, diacarakan, dll. Tetapi miskin praktek. Dokter saja, keluar dari kuliahnya langsung praktek. Maka orang Kristen yang hanya punya teori tapi tidak ada praktek, sama dengan mahasiswa abadi, yang tidak lulus-lulus (Ibrani 5:12). Golongan inilah yang paling banyak.

SEMOGA Tuhan menjadikan kita orang-orang Kristen yang “berisi”kan kasih Kristus dan kita memiliki perbuatan kasih, seperti jemaat Filipi terhadap Paulus. Baru kita akan mengalami kelimpahan dari Tuhan sesuai dengan kekayaanNya(Fil 4:19).(JEA)

Doa: Tuhan mampukanlah aku untuk memanifestasikan kasih-Mu kepada dunia. Amin.

Must Read