HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 6 Oktober 2013

Khotbah Minggu, 6 Oktober 2013

CARI, TEMUKAN & JAMAH
Ayat Pokok: Kisah Para Rasul 17:26-27
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Allah adalah Allah (1) yang menjadikan bumi dan segala isinya; (2) Penguasa langit dan bumi; (3) yang tidak tinggal dalam kuil buatan manusia; (4) tidak dilayani manusia; (5) Pemberi hidup, nafas dan segala sesuatu kepada semua orang.  Itulah Allah kita!  Allah yang sama yang diperkenalkan Paulus kepada penduduk di Atena.  Allah yang mau dan bisa dikenal.  Puji Tuhan!

Ia menjadikan umat manusia mendiami bumi; menentukan musim-musim dan batas kediaman semua bangsa, dengan satu tujuan: Supaya manusia mencari Allah!

Mengapa?
Mengapa Allah mau agar manusia mencari Dia?  Sebab dosa telah menceraikan manusia dari Allah!  

Inilah ungkapan isi hati Tuhan ketika umat yang dipelihara dan diasuhNya berbalik dan memberontak terhadapNya – Yesaya 1:2-3:

“Dengarlah, hai langit, dan perhatikanlah, hai bumi, sebab TUHAN berfirman:  “Aku membesar-kan anak-anak dan mengasuhnya, tetapi mereka  memberontak terhadap Aku.  Lembu mengenal pemiliknya, tetapi Israel tidak; keledai mengenal palungan yang disediakan tuannya, tetapi umat-Ku tidak memahaminya.”  

Ayat-ayat berikut menggambarkan keadaan umat Tuhan saat Ia menghukum mereka – Yesaya 1:4-9!  “Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu” – Efesus 2:1.

Tetapi puji Tuhan, Dia Allah yang penuh kasih.  Dia mau menyelamatkan saudara dan saya.  Bahkan sesungguhnya, Ia tidak menghendaki seorangpun binasa.  

“Marilah, baiklah kita berperkara! –- firman TUHAN — Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba” – Yesaya 1:18.

Cari, Temukan & Jamah
Tuhan Yesus mengundang setiap saudara dan saya untuk datang dan menerima kelegaan daripadaNya.  “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu!”  Maukah kita menerima undanganNya?  

1. Tomas – Yohanes 20:24-28
   Tomas tidak percaya pada kebangkitan Yesus. “Sebelum aku melihat bekas paku pada
   tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan
   mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya.”  
   Tetapi ketika Yesus datang menemui murid-murid 8 hari kemudian, dan meminta Tomas
   menjamahNya, ia pun sontak percaya.  Jawabnya, “Ya Tuhanku dan Allahku!”

2. Murid-murid – Lukas 24:36-40
   Saat tiba-tiba Yesus berdiri di tengah-tengah mereka, Alkitab mencatat, murid-murid
   terkejut, takut dan menyangka mereka melihat hantu! Tetapi Yesus berkata,
   “Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu?  
   Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah,
   karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku.”

Tuhan mau kita mencari, agar menemukan, bahkan menjamahNya.  Dia adalah satu-satunya Juruselamat dan Jawaban atas segala persoalan kita!  

Mari cari selagi Ia masih bisa ditemui, dan jamah Dia dengan iman!  Percayalah, dan saudara akan selamat! Tuhan Yesus memberkati saudara!
 

Must Read