HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 9 Maret 2014

Khotbah Minggu, 9 Maret 2014

JERAT
Oleh: Ev. Eddy Tatimu
Ayat Pokok: Pengkhotbah 9:11-12

Lagi aku melihat di bawah matahari bahwa kemenangan perlombaan bukan untuk yang cepat, dan keunggulan perjuangan bukan untuk yang kuat, juga roti bukan untuk yang berhikmat, kekayaan bukan untuk yang cerdas, dan karunia bukan untuk yang cerdik cendekia, karena waktu dan nasib dialami mereka semua.  Karena manusia tidak mengetahui waktunya.  Seperti ikan yang tertangkap dalam jala yang mencelakakan, dan seperti burung yang tertangkap dalam jerat, begitulah anak-anak manusia terjerat pada waktu yang malang, kalau hal itu menimpa mereka secara tiba-tiba.

Demikianlah gambaran kehidupan manusia yang dituangkan Pengkhotbah: penuh misteri dan tak terselami; acapkali tidak sejalan bahkan bertolak belakang dengan jalan pikiran manusia! 

 Jerat
Jalan Tuhan tak terselami. Tak seorang pun mengetahui apa yang akan terjadi padanya dalam 5 atau 10 menit ke depan. 

Tanpa disangka-sangka, manusia bisa tiba-tiba terjerat pada waktu yang malang!  Pengkhotbah meng-ibaratkannya bagai ikan yang tengah asyik berenang lalu tiba-tiba terperangkap dalam jala yang mencelakakan.  Atau burung yang sedang terbang bebas di angkasa lalu tiba-tiba masuk perangkap, dan tak bisa melepaskan diri!

Keadaan tenang, tenteram dan nyaman bisa berubah drastis dalam hitungan detik!  Demikianlah yang saya dan keluarga alami saat dokter menjatuhkan vonis: isteri saya hanya bisa bertahan hidup tiga bulan!   Namun Tuhan penuh kemurahan!  Dokter memprediksi tiga bulan, Tuhan memberikan 20 bulan!  Puji Tuhan!

Tangan TUHAN
“Engkau akan mengeluarkan aku dari jaring yang dipasang orang terhadap aku, sebab Engkaulah tempat perlindunganku” – Mazmur 31:5

Sekali masuk dalam perangkap, tak ada yang dapat melepaskan diri.  Tetapi puji Tuhan, ada SATU yang sanggup melepaskan!  Dialah Allah kita!  Hanya Dia yang dapat mengeluarkan kita dari jaring/jerat/perangkap musuh. 
Jerat apa yang tengah menghimpit saudara?  Penyakit? Tekanan bisnis?  Kehancuran usaha?  Jangan pernah putus harap!  Jangan lepaskan iman percayamu!  Sekali Yesus, Tetap Yesus!  Hanya Dia Seorang yang sanggup melepaskan saudara dan saya dari jerat yang dipasang musuh! 

“Jiwa kita terluput seperti burung dari jerat penangkap burung; jerat itu telah putus, dan kitapun terluput!  Pertolongan kita adalah dalam nama TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi” – Mazmur 124:7-8.  Haleluya!

Jika kita tetap di dalam Dia, Dia adalah Allah Maha Kuasa yang setia pada janjiNya.  Dia menaungi, melindungi saudara dan saya dengan perisaiNya.  Bersama Dia kita akan tetap kuat!  Dan keluar sebagai orang-orang yang lebih dari pemenang.  Amin!

Mazmur 91:3-4 – “Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk.  Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok.”

Kiranya doa pemazmur ini menjadi doa saudara dan saya juga: “Siapakah yang dapat mengetahui kesesatan? Bebaskanlah aku dari apa yang tidak kusadari.  Lindungilah hamba-Mu, juga terhadap orang yang kurang ajar; janganlah mereka menguasai aku!  Maka aku menjadi tak bercela dan bebas dari pelanggaran besar. Mudah-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulutku dan renungan hatiku, ya TUHAN, gunung batuku dan penebusku” – Mazmur 19:13-15 Tuhan Yesus memberkati saudara!

Must Read