HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 6 April 2014

Khotbah Minggu, 6 April 2014

MARIA & MARTA
Ayat Pokok: Lukas 10:38-42
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Dalam salah satu perjalanan penginjilan, Yesus  dan murid-murid tiba di sebuah kampung (Bahasa Inggris: “village”;  Bahasa Belanda: “dorp” = desa kecil).  Dan desa itu bernama Betania.  Di sanalah Maria, Marta dan kakak laki-laki mereka, Lazarus, tinggal – Yohanes 11:1-2.  Di sanalah juga Maria mengurapi kaki Yesus dengan minyak mur yang mahal harganya, serta menyekanya dengan rambutnya – Yohanes 12:1-3.

Secara spesifik Lukas 10:38-42 menyoroti dua pribadi kakak-adik yang menunjukkan kasih mereka kepada Tuhan dengan cara berbeda! 

MARTA
“… Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya…  Marta sibuk sekali melayani…”

Layaknya seorang nyonya rumah menyambut tamu, terlebih seorang tamu istimewa, kita mengerti mengapa Marta menjadi amat sangat sibuk.  Bayangkan, paling sedikit ada 13 orang (Yesus + ke-12 orang murid) tamu yang harus dilayani.  Belum lagi kemungkinan ada pula rombongan perempuan yang biasa ikut dalam perjalanan penginjilan Tuhan Yesus!

Marta memenuhi kriteria seorang isteri yang cakap; yang takut akan Tuhan; yang lebih berharga dari permata.  Amsal 31:10-31 secara rinci menjabarkan ciri-ciri seorang isteri yang cakap!

MARIA
“Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya…”

Berbeda dengan Marta, sang kakak Maria memiliki cara sendiri untuk mengungkapkan kasihnya kepada Tuhan!  Sementara  bak seorang isteri yang cakap, Marta sibuk melayani kebutuhan para tamu istimewa, Maria malah asyik duduk dekat kaki Tuhanmendengarkan segala perkataanNya

Di hadapan pengadilan orang Yahudi, rasul Paulus mengawali pembelaan dirinya dengan  membeberkan latar belakang pendidikannya – Kisah Para Rasul 22:1-3.  Antara lain, ia berkata, “… dididik dengan teliti di bawah pimpinan Gamaliel…” Istilah Bahasa Inggris untuk kata dididik ialah: “… at the feet of Gamaliel…” = di kaki Gamaliel. 
Maria duduk dekat kaki Yesus -> duduk sebagai seorang murid, mendengarkan ajaran Yesus! 

Maria & Marta
“Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.”

Marta dan Maria adalah dua orang bersaudara yang sama-sama mengasihi Tuhan.  Dan masing-masing memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kasih mereka.  Marta sibuk dalam pelayanan jasmani yang baik!  Tetapi Tuhan berkata, Maria telah memilih yang TERBAIK, yang tidak bisa diambil dari padanya: duduk di kaki Tuhan, mendengarkan segala FirmanNya!  Puji Tuhan!

Dari sekian banyak keinginan hati, raja Daud tahu apa yang TERBAIK.  Dan itulah satu perkara yang dimintanya: diam dalam rumah Tuhan seumur hidupnya untuk menyaksikan kemurahan Tuhan dan menikmati baitNya!  Bagaimana dengan saudara?? Tuhan Yesus memberkati!

Previous article
Next article

Must Read