HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 31 Agustus 2014

Khotbah Minggu, 31 Agustus 2014

PENUH MELIMPAH   
Ayat Pokok: Mazmur 23:5b
Oleh: Ps. Oddvar Johansen, Norwegia

Mazmur paling terkenal dan sangat akrab bagi setiap orang Kristen adalah Mazmur 23!  Sebagian orang bahkan menganggapnya sebagai ‘Alkitab Mini’ – berisikan intisari dari keseluruhan isi Alkitab.  Haleluya!  Dan pagi ini secara khusus saya ingin kita belajar dari Mazmur 23:5b. 

Mazmur 23:5b
… Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.” 

Dalam Mazmur 16:5a, Daud berkata, “Ya TUHAN, Engkaulah bagian warisanku dan pialaku…” 

Menakjubkan sekali!  Daud yang hidup di bawah Hukum Taurat dapat berkata, bahwa Tuhan adalah pialanya.  Dan piala itu penuh melimpah.  Artinya, Tuhan adalah segala-galanya!  Di dalam Dia ada kelimpahan; takkan ada yang kekurangan!  Haleluya!

Penuh Melimpah
Ketika saudara dan saya menerima Yesus, saat itu kita menerima 100% keselamatan dari Allah!  Saudara dan saya adalah 100% mengalami kelahiran baru.  Kita bukan lagi pendosa, melainkan 100% orang yang telah dibenarkan.  Sejak itu pula, kita terus bertumbuh dalam kekudusan.

Ketika menerima Yesus sebagai Juruselamat, kita menerima segala sesuatu yang ada di dalam Yesus.  Segala sesuatu yang kita perlukan ada di dalam Yesus!  Kasih karunia Allah penuh melimpah dalam kita.  “Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya”– Efesus 1:7.  Puji Tuhan!

Roma 5:20 – “Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah.”

Allah sangat mengasihi saudara dan saya.  Apapun persoalan yang menghadangmu, ketahuilah, Dia ada di sana: siap menolong dan melepaskanmu dari setiap kesulitan.  “Sebab Engkaulah Allah tempat pengungsianku. Mengapa Engkau membuang aku?  Mengapa aku harus hidup berkabung di bawah impitan musuh?” – Mazmur 43:2.  

Allah mengetahui segala kebutuhan saudara dan saya, dan Ia siap memenuhinya.  Haleluya!  “Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah!  Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran!” – Yesaya 55:1-2.

“Ya” Dan “Amin”
Menjadi pengikut Kristus bukan berarti bebas dari pergumulan dan ujian.  Tetapi satu hal yang membedakan kita dari dunia!  Saudara dan saya memiliki janji Allah untuk beraneka ragam kesulitan yang kita harus kita hadapi di dunia ini.  Dan janjiNya adalah “ya” dan “amin”!  Haleluya!

Pergumulan apakah yang sedang saudara hadapi?  BagiNya tidak ada persoalan yang terlalu berat!  Mari datang dan serahkan hidupmu kepadaNya.  Ijinkan Dia menjamahmu.  Lalu, nikmatilah hidup di dalam perlindungan, kelimpahan dan sukacita Allah!

“… pialaku penuh melimpah.”  Haleluya!  Di dalam Allah hidup saudara dan saya aman, tersembunyi  bersama dengan Kristus – Kolose 3:3.  Tuhan Yesus memberkati saudara!

Must Read