Mengasihi

”Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukan apa yang baik bagi semua orang!” (Roma 12:17)

Saya tertawa geli ketika melihat seorang anak kecil yang marah-marah kepada seekor anjing tetangga kami. Ibunya yang melihat hal itu, segera melarang anaknya untuk tidak meladeni anjing itu. Anak itu menjawab, ”Tuh, ma, anjing  itu yang duluan!” Dari satu sisi anak itu benar. Anjing itu memang kelihatan agak galak, selalu menggonggong dan ingin menerkam serta menggigit siapa saja yang tidak dikenalnya, jika lewat dihadapannya. Tetapi tak ada gunanya bagi anak itu untuk ikut-ikutan menjadi galak dan balas menantang anjing itu, bukan? Demikian juga halnya dengan kita. Jangan pernah berpikir bahwa kita harus membalas setiap perbuatan jahat atau perilaku yang tidak baik yang ditujukan kepada kita. Itu hanyalah membuat masalah tidak akan berakhir dan tidak ada gunanya. Bahkan pada akhirnya diri kita sendiri yang akan menderita.

Sebagai anak-anak Tuhan, seharusnya kita dapat bersikap lebih ramah dan penuh kasih satu dengan lainnya. Jika dunia berkata, ”Balaslah orang yang berlaku tidak adil terhadapmu.” Tetapi Kristus berkata, ”Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.” (Matius 5:44) Jika kita ingin mengetahui sampai di mana tingkat kerohanian kita, tanyakanlah kepada diri anda sendiri, ”Bagaimana sikap saya terhadap mereka yang memperlakukan saya dengan semena-mena? Apakah saya tetap ramah, penuh pengertian dan kasih dalam kata-kata maupun tindakan terhadap mereka?”

Hiduplah seperti Kristus, yang senantiasa tetap mengasihi sekalipun diperlakukan dengan sangat kejam oleh musuh-musuhNya. Yesus malah berkata, ”Ya, Bapa ampunilah mereka, sebab mereka tidak tau apa yang mereka perbuat.” Untuk hidup seperti Kristus memang bukanlah hal yang mudah. Namun jika kita berserah penuh pada pimpinan Roh Kudus, maka kita pasti akan dapat melakukannya. Sehingga kita dapat menyatakan hidup Kristus dalam kehidupan kita. Mau?(se)

Doa: Roh Kudus yang baik, tolonglah aku agar mampu hidup seperti Kristus, selalu dapat mengampuni bahkan tetap mengasihi mereka yang telah menyakiti hatiku. Amin.

Must Read