HomeInfo RohaniInfo SehatMakan Bareng Keluarga Bisa Bantu Anak Terhindar dari Kegemukan

Makan Bareng Keluarga Bisa Bantu Anak Terhindar dari Kegemukan

Bukan cuma orang dewasa saja, anak-anak kini pun tak luput dari serangan obesitas. Untuk mencegah obesitas dengan mengelola berat badan anak, caranya bisa dimulai lewat meja makan di rumah kok. Sebab, studi yang dilakukan peneliti di University of Minnesota menemukan bahwa terbiasa makan bersama keluarga di meja makan sambil membicarakan hal-hal positif bisa membantu anak mengontrol berat badannya. Dalam penelitian ini, direkrut 120 keluarga dengan anak berusia 6-12 tahun.

Tim peneliti mengamati durasi makan anak dan jenis makanan yang disajikan dan interaksi anggota keluarga. Nah, peneliti menemukan anak-anak dengan berat badan normal lebih sering menghabiskan waktu makan bersama keluarganya, mereka pun mempunyai interaksi yang positif.

“Interaksi positif di sini merujuk pada pembicaraan anak dan orang tua serta anggota keluarga lain yang lebih terstruktur. Misalnya mereka selalu membagikan pengalamannya di hari itu,” kata ketua tim peneliti yang juga seorang psikolog, Jerica Berge dalam laporannya di Journal Pediatric dan dikutip pada Kamis (16/10/2014).

Menurut Berge, anak-anak yang cenderung kegemukan, suasana makan di keluaganya cenderung tidak terstruktur di mana anggota keluarga lebih sering makan di ruang terpisah. Pada kelompok anak obesitas, 30% menghabiskan waktu makan di ruang keluarga dan hanya 17% yang makan di ruang makan.

Pada anak obesitas, waktu mereka pun lebih pendek yakni 13,5 menit, dibanding anak berbobot normal yang membutuhkan waktu lebih lama yaitu 18,2 menit. Menurut Berge, meski orang tua tidak fokus pada durasi makan anak, tetapi lebih baik jika mereka berusaha makan bersama-sama.

“Dengan begitu, anak bisa merasa aman dan mereka terbiasa melakukan regulasi dalam hidupnya termasuk regulasi soal makan. Di tengah-tengah onrolan itu orang tua juga bisa menyelipkan nasihat agar anak melakoni pola hidup sehat,” imbuh Berge.

Selain itu, peneliti juga menemukan anak yang makan bersama dengan kedua orang tuanya akan memiliki kebiasaan makan yang baik. Oleh karena itu Berge mengingatkan supaya orang tua memberi contoh pada anak pola makan sehat seperti memperbanyak makan sayur dan buah serta belajar membatasi makanan manis dan berlemak. (detikhealth)

Must Read