Khotbah Minggu, 16 November 2014

TEGUH BERPEGANG
Ayat Pokok: Efesus 4:15
Oleh: Pdt. J. Chandra, Jakarta

Tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.

Adalah kehendak Allah agar umatNya teguh berpegang pada kebenaranNya!  Ayat ini sekaligus menjadi peringatan bagi saudara dan saya, sebab tidak sedikit orang yang – karena berbagai alasan tertentu – tidak lagi berpegang pada kebenaran Allah!  Lalu, “Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?” – Matius 16:26.

Kebenaran
Kebenaran berarti:
1. Di dalamnya tidak terdapat kesalahan;
2. Tidak berat sebelah;
3. Dapat dipercaya, sejalan dengan apa yang diucapkan;
4. Tidak pernah berubah, tidak dipengaruhi zaman.

Tak satupun di dunia ini yang bisa memenuhi keseluruhan kriteria tersebut, kecuali satu!  Dialah Yesus!  Haleluya!
Yohanes 17:17 – “Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.”

Firman adalah Allah.  Dan Firman itu telah menjadi manusia – Yohanes 1:1;14.  Yesus adalah Firman yang telah menjadi manusia, dan Ia berkata,   – “… Akulah jalan dan kebenaran dan hidup…” – Yohanes 14:6a.

Yesus memenuhi keseluruhan kriteria tentang kebenaran:
1. Dia tidak berbuat dosa, bahkan tidak mengenal dosa – 1 Petrus 2:22a; 2 Korintus 5:21;
2. Dia adalah Hakim yang adil – Yohanes 5:30;
3. Tipu tak ada dalam mulutNya – 1 Petrus 2:22b;
4. Dia tetap sama: kemarin, hari ini dan selamanya – Ibrani 13:8.
Setelah naik ke surga, Yesus mengutus Roh Kudus yang adalah Roh Kebenaran, untuk menyertai dan menolong saudara dan saya selama hidup dalam dunia.  “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,  yaitu Roh Kebenaran…” – Yohanes 14:16-17.  Haleluya!

Teguh Berpegang
Banyak orang Kristen datang beribadah di gereja, namun tak lagi berpegang teguh pada Kebenaran Firman Allah!  Andaikan mereka teguh berpegang pada Kebenaran itu, Tuhan berjanji, “… apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya” – Matius 21:22; Markus 11:24.  Puji Tuhan!

Hari ini, mari ambil keputusan – apa pun yang terjadi: dalam suka atau duka – tetap teguh berpegang pada FirmanNya.  Sebab FirmanNya, Ya dan Amin!  Jangan biarkan dirimu terperdaya oleh berbagai muslihat Iblis yang akan membawa kita pada kebinasaan. 

Pimpinan dan pertolongan Roh Kudus memampukan saudara dan saya untuk tetap teguh berpegang pada FirmanNya.  Puji Tuhan! Tuhan Yesus memberkati!