HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Kebaktian Natal, 25 Desember 2014

Khotbah Kebaktian Natal, 25 Desember 2014

Kamu Adalah Terang Dunia
Ayat Pokok: Yesaya 9:1-3
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar,…(ayat 2). Yesus adalah terang itu. Dia datang pada waktu dunia dalam kegelapan. Bangsa yang dalam kegelapan itu merupakan biji mata Allah yang pada saat itu sudah terpecah menjadi dua bagian yaitu Israel dan Yehuda. Mereka melakukan peperangan dan tidak dapat mengalahkan musuh sebab mereka berperang tanpa mengikutsertakan Tuhan. Mereka mengandalkan kekuatan sendiri. Lain halnya dengan Daud yang selalu mengandalkan Tuhan (Yesaya 7:1-14). Daud berkata, “Tuhan adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut?” Dan Daud pun selalu mendapatkan kemenangan dari Tuhan.

Mengapa Yesus datang?
Tuhan mendatangkan raja Asyur dan mengijinkannya untuk menghancurkan bangsa Israel dan Yehuda. Ini merupakan pembalasan Tuhan atas perlawanan Bangsa Israel pada kehendak Tuhan (Yesaya 7:17).

Sebagian besar bangsa Israel dibuang ke Asyur dan Babilonia sehingga bangsa ini hidup dalam kegelapan dan menderita. Tanah yang semula memberi berkat kelimpahan menjadi tanah kering penuh rumput putri malu.

Kekayaan Israel dan Yehuda menjadi jarahan di depan raja Asyur sehingga tidak ada lagi sesuatu yang dapat dinikmati oleh Israel dan Yehuda. Yesaya 8:5-7 merupakan latar belakang mengapa Yesus datang dalam dunia yang gelap ini, yaitu supaya bangsa-bangsa yang ada dalam kegelapan dapat menerima terang.

Kamulah Terang dunia
Setan selalu menawarkan dosa yang kelihatannya manis, tetapi kemenangan dari Tuhan akan diperoleh bagi orang yang mau belajar dan menerima apa yang Tuhan katakan dan lakukan. Mungkin ada di antara saudara yang hidup seperti berada dalam kegelapan dan penderitaan sehingga saudara tidak dapat merasakan sukacita.

Terimalah terang itu datang dalam hidup saudara. Yesus datang sebagai terang dunia. Dia mau menjadikan kita terang yang mengusir kegelapan dan menerangi dunia ini. Dunia ingin melihat Kristus dalam kita, dunia mau melihat terang itu ada pada kita.

Jadikan Yesus terang dalam hidup kita, maka kita akan menjadi terang di tengah dunia yang gelap ini. “Kamu adalah terang dunia” (Matius 5:14). Haleluya Tuhan Yesus memberkati saudara.

Must Read