HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 1 Maret 2015

Khotbah Minggu, 1 Maret 2015

HABIS GELAP TERBIT TERANG
Ayat Pokok: Yesaya 9:1-7
Oleh: Pdt. A.H. Mandey
 
Allah adalah Terang!  Terang itu kemudian dipancarkan oleh Yesus, Putera TunggalNya.  Oleh Yesus, Terang itu diberikan kepada saudara dan saya.  Haleluya!  Dia menjadikan kita terang bagi dunia yang diliputi kegelapan! 

Terang vs Gelap
Terang: simbol kemuliaan Allah yang membawa keselamatan!  Allah adalah Terang, di dalamNya tak terdapat kegelapan sedikitpun – 1 Yohanes 1:5.  Karena Allah semata-mata Terang adanya, maka segala sesuatu yang diciptakanNya juga terang, mulia, suci dan sempurna! 

Gelap: simbol dosa, Iblis!   Orang yang hidup dalam dosa, hidup dalam kegelapan.  Bumi yang awalnya diciptakan Allah dalam kesempurnaan, tiba-tiba menjadi gelap gulita karena dosa, yakni saat Lucifer, sang penghulu malaikat yang karena kesombongannya dicampakkan ke bumi – Kejadian 1:2; Yesaya 14:12-15; Yehezkiel 28:11-19.

Habis Gelap Terbit Terang
Habis gelap akan terbit terang!  Gelap sirna seketika terang hadir!  Dan perubahan drastis terjadi ketika terang menghalau kegelapan; ketika Tuhan datang dan memancarkan TerangNya! 

Perhatikan perbedaan antara orang/bangsa yang hidup dalam kegelapan dan mereka yang memiliki terang:

Bangsa – Yesaya 9:1-7
Ketika Yesus lahir/datang, kekelaman dan kegelapan yang meliputi segenap bangsa Israel serta merta lenyap; berubah menjadi:
– Sorak-sorai & Sukacita yang besar;
– Kuk/beban & tongkat penindas dipatahkan!

Keadaan orang yang hidup dalam kegelapan – Efesus 2:1-3:
– Mati rohani;
– Takluk pada penguasa kerajaan angkasa;
– Hidup dalam hawa nafsu daging & pikiran jahat;
– Patut dimurkai!

Nabi-Nabi – Mikha 3:5-7
Inilah yang akan dialami para nabi yang menyesatkan umat Allah:
– Hari menjadi malam yang pekat: tanpa penglihatan;
– Matahari terbenam & hari menjadi hitam suram;
– Akan tersipu-sipu, dipermalukan, sebab takkan  mendapat jawab dari Allah!

Manusia – Matius 6:22-23
Jika mata gelap, seluruh tubuh menjadi gelap!  Dan hal yang lebih mengerikan ialah “… jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.”

Sekali Yesus Tetap Yesus
Mereka yang dulu adalah kegelapan, kemudian menerima anugerah terang Allah, tapi kembali pada kegelapan, maka kegelapan itu menjadi jauh lebih hebat dan pekat!

“Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus, dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang, namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum” – Ibrani 6:4-6.

Itu sebabnya amat penting bagi saudara dan saya  untuk memelihara terang yang ada dalam kita.  Jangan biarkan terang itu pudar!  Tetap tinggal dalam terang!  Jangan mundur!  Jangan murtad!  Tetaplah teguh bertaut kepadaNya!  Sekali Yesus Tetap Yesus!  Puji Tuhan!   Tuhan Yesus memberkati saudara!

Must Read