HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 15 Maret 2015

Khotbah Minggu, 15 Maret 2015

DENGAN IMAN
Ayat Pokok: 1 Raja-Raja 17:7-16
Oleh: Pdt. Lesrin Markus Situmeang, STh (GPdI Kasih Karunia, Tg Morawa, Medan)

Elia seorang  nabi yang dipakai Allah untuk memberkati daerah Sidon yang mengalami masalah kekeringan sehingga terjadi bala kelaparan yang sangat hebat sebab raja Ahab telah berpaling; menyembah kepada berhala-berhala. Masalah ini diijinkann Allah terjadi supaya mereka sadar “siapa mereka” di hadapan Tuhan. 

Mujizat itu nyata
Sesungguhnya mujizat akan kita alami ketika kita hidup bersama Tuhan. Mengapa Ibu Janda di Sarfat mengalami mujizat? Baca ayat 9-12. Terjadi proses mujizat bagi janda di Sarfat tersebut.

1) Mendengar Firman Tuhan. Sekalipun di daerahnya terjadi bala kelaparan yang sangat dahsyat dan yang dimilikinya pada saat itu hanya segenggam tepung dan sedikit minyak dalam buli-buli, ketika ia mendengarkan apa yang disampaikan oleh Elia, meskipun sebelumnya ia tidak mengenal Allah Elia, imannya mulai bertumbuh.

2) Iman timbul karena mendengar Firman Allah (Roma 10:17). Saat saudara dan saya mengalami banyak kesusahan, ketika kita mendengar Firman Tuhan, membaca Alkitab dan berdoa, iman kita akan dikuatkan dan diteguhkan. “Iman kecil dapat membawamu ke dalam sorga, tapi iman yang tangguh dapat membawa sorga ke dalam jiwamu” (kutipan dari ungkapan Martin Luther). Kerajaan sorga bukan tentang makanan dan minuman, tetapi tentang damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. Tuhan tertarik kepada kita bukan karena kita cakap, pandai, dan sebagainya, tetapi karena kita memiliki iman kepadaNya.

Melakukan dengan hati rela
“Lalu pergilah perempuan itu dan berbuat seperti yang dikatakan Elia; maka perempuan itu dan dia serta anak perempuan itu mendapat makan beberapa waktu lamanya. Tepung dalam tempayan itu tidak habis dan minyak dalam buli-buli itu tidak berkurang seperti firman TUHAN yang diucapkan-Nya dengan perantaraan Elia” (ayat 15-16). Ibu Janda Sarfat melakukannya bukan dengan terpaksa, tetapi dengan rela. Melakukan firman Tuhan tidaklah mudah. Kita memerlukan Parakletos; Roh Kudus yang akan memampukan kita. Kalau kita melakukan firman Tuhan, mengutamakan Tuhan dalam hidup kita dengan iman dan hati rela, pasti mujizat akan terjadi. Tuhan akan memampukan kita menghadapi segala masalah yang datang kepada kita.

Tepung dan minyak adalah lambang Firman dan Roh Kudus. Firman dan Roh Kudus akan memberi kekuatan kepada kita, percaya akan salib Kristus membawa pengampunan dosa. Datang dengan keyakinan dan berseru kepada Yesus. Dia mendengar doa-doa kita dan memberi pertolongan. Puji Tuhan … Tuhan Yesus memberkati saudara.

Must Read