BERSATU DALAM KASIH

Supaya hati mereka terhibur dan mereka bersatu dalam kasih, sehingga mereka memperoleh segala kekayaan dan keyakinan pengertian, dan mengenal rahasia Allah, yaitu Kristus. (Kolose 2:2)

Salah satu kunci keberhasilan dalam pertumbuhan sebuah gereja adalah adanya dasar dan tujuan yang benar. Gereja yang didirikan dengan motivasi kepentingan jasmani atau ambisi pribadi dari sang pendiri dan pemilik gereja tidak akan dapat bertahan lama. Demikian juga perlunya tujuan yang benar dalam kehidupan berjemaat.

Tujuan dari kehidupan berjemaat anak-anak Tuhan seharusnya adalah agar mereka memiliki kekayaan rohani, keyakinan pengertian dan pengenalan akan Allah dalam kehidupan mereka selama berada di dunia ini, sebagaimana yang dikemukakan oleh Rasul Paulus kepada jemaat di Kolose dalam ayat di atas.

Ia mengemukakan betapa sukarnya rintangan dan beratnya tantangan yang harus dihadapi dalam usahanya untuk memberitakan Firman Allah dan melayani jemaat dengan menasehati dan mengajar mereka tentang kebenaran di dalam Kristus.

Salah satu masalah  yang seringkali ditemukan Rasul Paulus dalam jemaat-jemaat itu adalah tidak adanya kesatuan di antara mereka. Padahal suatu jemaat akan dapat bertahan menghadapi ancaman dan tantangan adalah jika mereka dapat bersatu, saling menguatkan dan menopang satu dengan lainnya di dalam kasih Kristus yaitu kasih Agape yang tanpa mengharapkan balasan dari pihak yang dikasihi.

Bagaimana dengan kehidupan kita dalam berjemaat? Apakah kita dapat bersatu di dalam kasih seperti yang Tuhan Yesus telah berikan bagi kita semua lewat pengorbanan dan kematiannya di kayu salib? Ataukah kita masih mementingkan diri kita sendiri dan tidak perduli dengan masalah-masalah yang dihadapi oleh orang lain?

Kasih yang seringkali diajarkan dan diberitakan dari mimbar gereja, seharusnya diwujud-nyatakan dalam perbuatan sehari-hari. Dengan demikian dunia akan melihat bahwa kita adalah anak-anak Allah dan lebih dari saudara satu kepada yang lain. Persatuan dalam kasih memberikan dampak yang hebat dan membuat nama Tuhan dipermuliakan. Bersatulah dalam kasih dan lihatlah betapa indah akibat yang ditimbulkannya bagi kesatuan tubuh Kristus. (phm)

Doa: Satukanlah kami ya Tuhan dengan tali kasihMu, agar namaMu yang dipermuliakan. Amin.

Must Read