HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 25 Oktober 2015

Khotbah Minggu, 25 Oktober 2015

TERANG DUNIA
Oleh: Pdt. A.H. Mandey
Ayat Pokok: Yesaya 9:1
 
Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar.

Ayat di atas adalah tema Natal kita tahun lalu. Yesaya menyampaikan satu nubuatan: sesuatu yang belum terjadi tetapi seolah sudah terjadi.  Sama ketika ia menubuatkan kelahiran Yesus: “Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai” – Yesaya 9:5.

Allah menguasai waktu.  Ia tak dapat dibatasi oleh waktu.  Rencana besar dan lengkap untuk masa depan sudah ada dalam pikiranNya jauh sebelum sesuatu terjadi!  Jauh sebelum manusia dijadikanNya menurut gambar dan rupaNya – Kejadian 1:26-27, Allah telah memiliki rencana keselamatan bagi umat manusia. 

Terang
“Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar.”

Nubuat ini bicara tentang bangsa Israel yang tengah berjalan dalam kegelapan, namun telah melihat terang yang besar, yaitu Yesus yang ketika itu belum lahir.

Allah adalah Terang yang sesungguhnya.  Di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan – 1 Yohanes 1:5.

Yesus adalah Terang dunia; Terang yang mengandung dan memberi kehidupan, sehingga barangsiapa mengikut Dia, ia akan mempunyai terang hidup – Yohanes 8:12.  Yesus adalah cahaya kemuliaan Allah; Ia memancarkan Terang Allah Bapa – Ibrani 1:1-3.

Saudara & Saya (sekarang) juga adalah anak-anak terang – Efesus 5:8-9: “Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan.  Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran.”

Dari anak-anak gelap yang hidup bergelimang dosa – setelah bertobat dan menerima Yesus sebagai Juruselamat – status kita berubah!  Kini kita adalah anak-anak terang.  Haleluya! 

Hanya Yesus yang adalah cahaya kemuliaan Allah, dapat memberikan TerangNya dan mengubah saudara dan saya dari gelap menjadi terang!

Terang Dunia
Terang mengusir kegelapan.  Terang tak dapat disembunyikan.  Terang itu harus bisa dilihat dan dinikmati orang melalui perilaku, ucapan dan perbuatan.  Itulah tujuan Yesus mengubah kita dari gelap menjadi terang – Matius 5:14-16:

  1. Agar terang kita bercahaya di depan orang lain;
  2. Agar orang melihat perbuatan baik kita; dan akhirnya
  3. Agar orang memuliakan Bapa di surga!

Tuhan menjadikan saudara dan saya terang untuk membawa terang pada dunia yang kian hari kian gelap. 

Apakah terangmu sudah bercahaya dan dilihat orang lain?  Adakah orang memuliakan Allah setelah melihat terang yang terpancar keluar dari dalam dirimu?  Sudahkah saudara menuntun orang pada kebenaran?  Jika ya, maka saudara adalah bintang-bintang – tetap untuk selamanya.  Puji Tuhan!

“Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, tetap untuk selama-lamanya” – Daniel 12:3.

Tuhan Yesus memberkati pelayanan saudara sebagai terang dunia!

Must Read