HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 13 Desember 2015

Khotbah Minggu, 13 Desember 2015

MEMPERTAHANKAN TERANG
Ayat Pokok: Matius 5:16
Oleh: Pdt. Johannes Voege
 
Tema yang dicanangkan bapak gembala untuk tahun 2015 ialah “Terang Dunia.”  Allah menghendaki saudara dan saya – yang telah menerima TerangNya melalui Yesus, PuteraNya – memancarkan dan menjadi terang bagi dunia yang diliputi kegelapan.  Terang Allah harus senantiasa ada dalam kehidupan setiap orang percaya.

Wujud terang Allah dalam kehidupan orang percaya: apapun yang kita ucapkan dan kerjakan adalah untuk kemuliaan Bapa di sorga.  “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga” – Matius 5:16. 

Saat kita menapaki hari-hari terakhir di tahun 2015 sambil menyongsong tahun 2016, masihkah terang itu bercahaya dalam kehidupan kita?  Mampukah kita mempertahankan terang itu?

Jadilah Pengikut Kristus
Rasul Paulus yang dipakai Tuhan dengan luar biasa, memberi tips agar terang Allah tetap bercahaya dalam hidup saudara dan saya: Jadilah pengikut Kristus!  “Jadilah pengikutku, sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus” – 1 Korintus 11:1.

Rasul Paulus mengajarkan agar Timotius, anak rohaninya, termasuk saudara dan saya, menjadi teladan bagi semua orang dalam lima hal berikut – 1 Timotius 4:12:

1. Perkataan
“Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya” – Amsal 18:21. Buah yang dimaksud adalah berkat atau kutuk!  Dengan lidah seorang bisa mengutuki atau memberkati orang lain dengan ucapan yang memuliakan Tuhan.

2. Tingkah Laku
“Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih?  Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu” – Mazmur 119:9.  Saudara dan saya adalah ciptaan baru di dalam Kristus.  Artinya, kehidupan/kebiasaan/perilaku lama harus sepenuhnya kita tanggalkan!

3. Kasih
Kasih yang demikian besar telah diberikan Allah kepada manusia – Yohanes 3:16.  Dan Dia menghendaki saudara dan saya menjadi teladan KasihNya bagi sesama.

4. Kesetiaan
“Sekali Yesus, Tetap Yesus” – itulah tanda kesetiaan kepada Kristus.  Maka Ia akan memperhitungkan kesetiaan kita!  ”Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Akupun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi” – Wahyu 3:10.  Puji Tuhan!

5. Kesucian
Saudara dan saya adalah Bait Allah yang kudus.  Karenanya, kita wajib memelihara kekudusan hidup kita. 

Mempertahankan Terang
Mengikuti teladan Tuhan berarti menjalankan ajaran Tuhan; berarti pula menjadi terang bagi banyak orang melalui perkataan – tingkah laku – kasih – kesetiaan, dan – kesucian!  Kelima hal ini merupakan kunci untuk mempertahankan terang Allah dalam hidup kita. 

Akhirnya, saudara-saudara, “Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu.  Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau” – 1 Timotius 4:16. Tuhan Yesus memberkati!
 

Previous article
Next article

Must Read