HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 3 Januari 2016

Khotbah Minggu, 3 Januari 2016

MEMAHKOTAI TAHUN DENGAN KEBAIKAN TUHAN
Ayat Pokok:  Mazmur 65:1-14
Oleh:  Pdt. B.P. Soeprapto

Puji Tuhan!  Kita memasuki hari Minggu pertama di tahun 2016.  Saat kita menoleh ke belakang dan mulai menghitung segala berkat dan kebaikan Tuhan di hari-hari lalu, saudara tentu sepakat dengan saya: Sungguh luar biasa penyertaan dan pemeliharaan Tuhan atas anak-anakNya!  Haleluya!

Lewat mazmur, raja Daud mengungkapkan ucapan syukur atas segala kemurahan dan berkat Tuhan dalam hidupnya, antara lain, kareng Tuhan:

  • mendengar doa;
  • menghapuskan segala pelanggaran;
  • mengenyangkan dengan segala yang baik di dalam baitNya;
  • menyelamatkan; 
  • menjawab dengan perbuatan-perbuatan dahsyat dan keadilan;
  • meredakan deru lautan, deru gelombang dan kegemparan bangsa-bangsa; 
  • mengindahkan tanah, mengaruniai kelimpahan, dan membuatnya sangat kaya;
  • menyediakan gandum; memberkati tumbuh-tumbuhan; 
  • memahkotai tahun dengan kebaikanNya…

Jaminan Tuhan
Dunia tidak akan menjadi lebih baik.  Hari-hari yang kian jahat, tantangan dan kesulitan yang semakin berat terhampar di hadapan kita.  Namun bagi orang percaya, ada jaminan kasih dan pemeliharaan Tuhan.

Di tengah kesesakan sebagai orang yang dipenjarakan karena Kristus, ini nasihat dan doa rasul Paulus bagi jemaat Tuhan, termasuk saudara dan saya yang hidup di akhir zaman:

“… jangan tawar hati...   Aku berdoa supaya Ia… menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya… sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar  serta berdasar di dalam kasih.  Aku berdoa, supaya kamu… dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus,…  Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah…” – Efesus 3:12-21.

Sebab itu, apapun yang terjadi, jangan pernah berpikir untuk meninggalkan Tuhan!  Ingat: Yesus takkan pernah meninggalkan kita.  Dia senantiasa menyertai saudara dan saya sampai kesudahan alam.  Tetaplah setia, sebab sesungguhnya hanya Yesus yang dapat meluputkan saudara dan saya dari kebinasaan kekal – Yohanes 3:16.

Yesus: Imam Besar Agung
“…  Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung… yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita.  Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita… Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa…” – Ibrani 4:14-18.

Mari melangkah masuk ke dalam tahun yang baru dengan satu kepastian: di tengah dunia yang semakin gelap, saudara dan saya aman dalam genggaman tanganNya.  Imam Besar Agung kita, yakni Kristus Tuhan akan memahkotai sepanjang tahun 2016 dengan segala kebaikanNya.  Tetap setia; lebih melekat kepada Tuhan; dan lebih giat lagi bekerja: menangkan lebih banyak jiwa di tahun 2016 ini.  Puji Tuhan!
Tuhan Yesus memberkati saudara! 

Tambahan dari Bapak Gembala:
Firman Allah adalah “ya” dan “amin”.  Imam Besar Agung kita takkan pernah berganti!  Dia sanggup melakukan segala sesuatu; Dia yang mengatur dan menguasai segala sesuatu!   Karenanya, kita tak perlu kuatir akan hari esok!  Kalau dulu Dia pelihara umatNya, saat ini dan waktu yang akan datang, Dia tetap memelihara saudara dan saya. 

Mari serahkan hidupmu kepadaNya.  Hadapi tahun 2016 dengan ucapan syukur dan tetap percaya: Tuhan Yesus tidak pernah berubah: dulu, sekarang dan sampai selamanya.  Tuhan memberkati saudara!
 

Must Read