HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Paskah, 25 Maret 2016

Khotbah Paskah, 25 Maret 2016

PASSOVER
Ayat Pokok: Matius 22:15-23
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Passover berarti “melewati”.  Kematian “melewati” setiap rumah orang Israel yang memiliki tanda darah.  Demikianlah pada malam Paskah, Allah membawa bangsa Israel keluar/”melewati” tanah penderitaan di Mesir menuju tanah perjanjian yang berlimpah susu dan madu.  Haleluya!

“Teologia Salib adalah Teologia Terang,” demikian tulis Martin Luther.  “Kebencian orang-orang Yahudi telah membawa Kristus ke salib”, lanjutnya.  Yesus dipilih dan ditetapkan Bapa untuk menyelamatkan manusia dari penderitaan, perhambaan dosa dan kematian.  Saat Yesus mati di kayu salib, bumi menjadi gelap. Terang ada pada waktu ada kegelapan.  Inilah keindahan kematian Yesus.

Yesus
Yesus adalah Singa dari Yehuda, yaitu tunas Daud yang telah menang melawan maut, sehingga layak membuka gulungan kitab dan membuka ketujuh meterainya – Wahyu 5:1-9.  Kepada Yesus Kristus inilah Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas – Yohanes 3:34.

Orang-orang Herodian, Farisi, Saduki selalu mencari-cari kesalahan Yesus. Suatu hari mereka mengajukan satu pertanyaan dengan maksud menjerat Yesus.  “Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?”  Jawaban Yesus mematahkan serangan mereka!  “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.”

Nikodemus, pemimpin agama Yahudi, mengakui bahwa Yesus adalah Seorang yang diutus oleh Allah sebab tak seorang pun dapat mengadakan tanda-tanda heran seperti yang dikerjakan Yesus, jika Allah tidak menyertaiNya.

Kematian Yesus
“Pelaksanaan hukuman mati atas Yesus merupakan pembunuhan terbesar sepanjang sejarah dunia.” 

Yesus lahir ke dunia untuk menjalani kematian yang demikian keji, agar saudara dan saya yang seharusnya mati akibat dosa dan kesalahan kita, dapat diselamatkan melalui Dia!  Haleluya!

Orang Yahudi tahu apa artinya dosa, tetapi mereka tidak tahu bagaimana rasanya ketika dosa diampuni.  “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan” – 1 Yohanes 1:9.

Keselamatan hanya ada di dalam Yesus – Yohanes 14:6, yang telah menderita sengsara sampai mati di atas kayu salib 2000 tahun lalu.  Ia menerima hinaan  dan aniaya yang demikian buruk dari manusia.  Namun melalui penyalibanNya, Ia menawarkan yang terbaik bagi setiap manusia yang percaya dan menerima Dia.

Dan kuasa keselamatan yang ada di dalam Yesus yang telah mati di salib masih tetap berlaku sampai hari ini!  Kegelapan akibat dosa dan kematian di bumi ini telah DISELESAIKAN Yesus, sekali untuk selamanya di atas kayu salib.  Percayakah saudara? 

Selamat Paskah!  Happy Passover!  Tuhan Yesus memberkati!

Must Read