HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 12 Juni 2016

Khotbah Minggu, 12 Juni 2016

RAHAB
Ayat Pokok: Efesus 2:3-4; Yosua 6:25
Oleh: Ps. Kindah Greening, Australia

Dosa adalah dosa!  Bagi Allah, tidak ada istilah dosa besar atau kecil.  Alkitab mencatat, semua manusia – tak terkecuali – telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah – Roma 3:23.  Dan upah dosa ialah maut – Roma 6:23.  Untuk itulah Yesus datang ke dunia: menyelamatkan umat manusia dari kebinasaan kekal!  Haleluya!  

Rahab
Perjalanan hidup seorang Rahab adalah kisah inspiratif.  Alkitab mencatat Rahab sebagai permpuan sundal; bukan perempuan baik-baik – Yosua 2:1.  Namun, dalam silsilah keturunan Yesus Kristus, nama Rahab juga dicatat di sana – Matius 1:5.

Beberapa fakta tentang Rahab:

  1. Ia adalah perempuan sundal;
  2. Ia adalah sosok kunci dalam kemenangan Israel.  Namanya berarti: luas; lebar; memiliki pikiran terbuka;
  3. Ia mengalami jamahan Allah; ia menyembunyikan dan menyelamatkan dua pengintai Israel;
  4. Ia menikah dengan salah seorang pemimpin Yahudi;
  5. Ia adalah nenek raja Daud; salah seorang moyang Yesus;
  6. Namanya disebut enam kali dalam Alkitab. 

Berubah Oleh Pembaharuan Budi
“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah…” – Roma 12:2.

Dari seorang penganiaya orang percaya, Saulus berubah total menjadi rasul yang dipakai Tuhan dengan luar biasa!  Petrus yang nama dalam bahasa Aram (= Simon) berarti buluh yang mudah diombang-ambingkan angin; yang tiga kali menyangkal mengenal Yesus, kemudian berubah total: dari buluh menjadi batu karang!  Surat Galatia 2:9 bahkan mencatatnya sebagai sokoguru = tiang penopang gereja!

Demikianlah Rahab, seorang perempuan sundal pun berubah total.  Karena iman dan tindakan imannya, Allah mengangkat dan meninggikan Rahab!

  1. Iman Rahab timbul dari pendengaran akan Firman Allah – Roma 10:17; Yosua 2:9-11;
  2. Rahab percaya dan bertindak sesuai imannya – Yakobus 2:25;
  3. Iman Rahab adalah iman yang tunggal; ia adalah satu-satunya orang Yerikho yang percaya kepada Allah Israel;
  4. Satu kaum diselamatkan, berkat iman Rahab kepada Allah Israel.  Ia bukan seorang yang mementingkan diri sendiri.  Ia peduli pada keselamatan kaum keluarganya – Yosua 2:13; 6:23, 25.
  5. Iman Rahab diperhitungkan Allah, dan ia menerima upahnya – Yakobus 2:25 – “Dan bukankah demikian juga Rahab, pelacur itu, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia menyembunyikan orang-orang yang disuruh itu di dalam rumahnya, lalu menolong mereka lolos melalui jalan yang lain?”

Pergumulan apa yang tengah saudara hadapi hari-hari ini?  Dosa apa yang masih membelenggumu sampai saat ini?  Apapun latar belakang hidupmu, betapapun kelamnya masa lalumu, ketahuilah, kuasa Allah masih tetap sama!  Dia sanggup melepaskan, menjamah, mengubah, dan mengangkat saudara dan saya.  Sama seperti Ia telah menjamah dan melepaskan Rahab dari belenggu dosa, bahkan mengangkatnya dari perempuan tidak baik menjadi nenek moyang Sang Juruselamat Dunia!  Haleluya! Tuhan Yesus memberkati!

Must Read