HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanSerahkanlah Kekuatiranmu

Serahkanlah Kekuatiranmu

Serahkanlah kuatirmu kepada Tuhan, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah. (Mazmur 55:23)

Menurut sebuah laporan dari Wall Street Journal, kekuatiran kini lebih banyak dijumpai ketimbang depresi, dan merupakan masalah kesehatan mental yang paling parah di Amerika Serikat. Obat-obatan untuk mengatasi kekuatiran saat ini merupakan produk obat yang terlaris. Bahkan dengan laju perekonomian yang pesat dan kondisi politik yang memanas, kekuatiran dan ketakutan selalu menjadi bagian dari hidup manusia yang tidak dapat diatasi oleh pil saja.

Saat menulis Mazmur 55, pikiran Daud diliputi oleh kekuatiran yang timbul karena situasi-situasi seperti yang kita gumuli saat ini: ia sangat takut terhadap kekerasan, kemarahan, dan kekejaman yang mengintai di jalanan kota (ayat 10-12). Ia mengalami kesedihan yang mendalam karena dikhianati oleh teman dekatnya (ayat 13-15). Ini membuatnya ingin pergi dan mencari tempat yang tenang (ayat 5-9).

Karena kekuatiran Daud juga mencerminkan kekuatiran kita, maka kita pun dapat memakai resep Daud untuk lepas dari kekuatiran. Ia menulis, “Aku berseru kepada Allah, dan Tuhan akan menyelamatkan aku … serahkanlah kuatirmu kepada Tuhan, maka Ia akan memelihara engkau! ” (ayat 17, 23).

Kekuatiran adalah beban yang sebenarnya tidak perlu kita tanggung. Sebaliknya, kita harus menyerahkan kekuatiran-kekuatiran itu kepada Kristus karena Dia yang memelihara kita (1 Petrus 5:7; lihat juga Filipi 4:6-7).

Jika Anda merasakan beban yang berat saat ini, Tuhan siap untuk menanggung setiap beban yang Anda serahkan kepada-Nya. (kt)

Doa: Tuhan aku serahkan kuatirku kepada-Mu. Berilah aku damai sejahtera-Mu dan tolonglah aku. Amin.

Must Read