Awas & Siaga

Kata-Nya lagi kepada mereka: “Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu.” (Lukas 12:15)

Sebelum Gunung Merapi meletus beberapa waktu lalu, terlebih dahulu telah diberikan peringatan kepada penduduk sekitar Merapi dengan status “AWAS” atau “SIAGA”, tergantung pada seberapa jauh tingkat bahayanya. Tujuan dari peringatan tersebut tentunya adalah supaya penduduk sekitar bisa waspada, berjaga-jaga, dan siap siaga sewaktu-waktu jika aktivitas gunung berbahaya bagi keselamatan mereka, sehingga sebelum gunung meletus mereka bisa melakukan tindakan cepat untuk mengungsi atau menjauh dari puncak gunung. Tetapi ada beberapa dari mereka yang tetap bertahan di rumah mereka, tidak mau mengungsi karena mereka berat untuk meninggalkan rumah, harta, dan ternak mereka. Dan akhirnya terjadilah semburan awan panas ke beberapa daerah di lereng Merapi, yang menyebabkan beberapa korban jiwa yaitu mereka yang tidak mau mengungsi. Alangkah menyedihkan karena mereka harus kehilangan nyawanya, hanya karena mempertahankan harta bendanya.

 

Demikian juga bagi kita sebagai orang-orang percaya jika menggantungkan hidup ini kepada kekayaan dunia, maka pada akhirnya pun tidak akan beroleh apa-apa karena harta kekayaan dunia ini tidaklah dibawa mati, seperti pada sebuah lagu “Hati Sebagai Hamba”, yang mengatakan ‘Ku tak membawa apa pun juga, saat ku datang ke dunia. Ku tinggal semua pada akhirnya, saat ku kembali ke surga”.

Dalam Lukas 12:16-19, dijelaskan mengenai perumpamaan tentang seorang kaya yang berlimpah hartanya dan berusaha untuk menyimpannya demi kesenangan pribadi. Tetapi firman Allah kepadanya: “Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti? Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah.” (Lukas 16:20-21).

Firman Tuhan menasihatkan kepada kita bahwa, “Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.” (Matius 6:20). Oleh sebab itu, kita harus senantiasa AWAS & SIAGA (sama artinya dengan “Berjaga-jagalah & Waspadalah”) terhadap segala ketamakan akan harta kekayaan dunia ini. Jangan bergantung padanya, semuanya sia-sia! Bergantunglah pada Yesus saja yang sanggup mencukupkan segala keperluan kita. Tetap andalkan Tuhan dalam segala hal (Yeremia 17:7). Amin. (smw)

Doa: Aku hanya mau mengandalkan Engkau saja, ya Tuhan. Ajarlah aku bijak menggunakan hartaku. amin.

Must Read