HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 21 Agustus 2016

Khotbah Minggu, 21 Agustus 2016

Mencari Tuhan
Ayat Pokok: Kisah Para Rasul 17:22-24
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Kalau sampai detik ini saudara dan saya masih hidup, bernafas, bergerak, itu semua berkat Tuhan! Keberadaan dan campur tangan Tuhan amat nyata dalam segala yang diciptakan-Nya! Dia berharap manusia mengerti dan mulai mencari Dia, sang pencipta langit, bumi dan segala isinya!

“Allah yang Tak Dikenal”
Semasa hidupnya rasul Paulus merintis dan mendirikan banyak gereja di Asia Kecil (sekarang Turki). Ia terus berjalan memberitakan Injil, sampai pada satu saat tiba di Atena, Yunani yang termasuk wilayah Eropa.

Alkitab mencatat, rasul Paulus “sangat sedih hatinya karena ia melihat, bahwa kota itu penuh dengan patung-patung berhala.” Di antaranya, ia menemukan satu mezbah bertuliskan, “Kepada Allah yang tidak dikenal.”

Allah memberikan kekekalan dalam hati manusia – Pengkhotbah 3:11. Inilah yang mendorong manusia untuk mencari dan menyembah sesuatu.

Mencari Tuhan
Di Atena, rasul Paulus tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memperkenalkan Allah yang disembah namun tidak dikenal penduduk di Atena:

  • Dia adalah pencipta bumi dan segala isinya;
  • Dia adalah Tuhan atas langit dan bumi;
  • Dia tidak diam dalam kuil-kuil buatan tangan manusia;
  • Dia tidak dilayani oleh tangan manusia, seolah-olah Ia kekurangan apa-apa;
  • Dia yang memberikan nafas hidup dan segala sesuatu kepada semua orang;
  • Dia yang telah menjadikan semua bangsa dan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi;
  • Dialah yang menetapkan musim-musim, dan batas-batas kediaman manusia.

Tujuannya ialah, “supaya mereka mencari Dia dan mudah-mudahan menjamah dan menemukan Dia, walaupun ia tidak jauh dari kita masing-masing.” Haleluya!

Sesungguhnya, Tuhan ada sangat dekat dengan saudara dan saya. Kalau saja kita mau mencari, kita pasti akan menemukan Dia! “Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka” – Matius 18:20.

“Jadikan Semua Bangsa Murid-Ku”
Setelah mencari dan menemukan Tuhan, saudara dan saya punya kewajiban untuk memperkenalkan kepada orang lain tentang Allah yang tidak dikenalnya! “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptilslah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan oh Kudus” – Matius 28:19.

Tuhan mau kita pandai membaca tanda-tanda zaman. Hari kian gelap, waktunya sudah semakin dekat, sudah di ambang pintu – Matius 24:32-35. Langit dan bumi akan segera berlalu. Tuhan Yesus akan datang segera. Namun sebelumnya, Dia mau agar “di mana-mana semua orang harus bertobat” – Kisah Para Rasul 17:30.

Sudahkah saudara mencari dan menemukan Tuhan? Udahkah kita membawa orang datang kepada Allah yang mereka tidak kenal? Tuhan Yesus memberkati saudara!

Must Read