HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanHIDUP SEBAGAI ORANG MERDEKA

HIDUP SEBAGAI ORANG MERDEKA

“Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.” (Roma 6:18)

Setiap orang yang percaya menyandang predikat orang merdeka dan hamba kebenaran. Status itu ada melalui pengorbanan Yesus. Tidak mudah bukan? Hidup menyandang predikat ini pun butuh perjuangan. Kita dituntut memiliki keselarasan hidup sesuai status yang melekat. Orang yang merdeka di dalam Kristus, wajib mematikan segala keinginan dan hawa nafsu dunia. Apakah yang harus kita lakukan, agar dapat hidup sebagai hamba kebenaran? Beberapa langkah berikut dapat menolong kita:

Satu, jangan memberi cela kepada Iblis. Sebagai manusia yang punya kelemahan, kemungkinan jatuh dalam dosa masih ada. Terlebih Iblis memiliki banyak cara untuk merebut kita. Orang-orang terdekat yang belum serius dengan Tuhan, lingkungan sekitar di mana kita bergaul, bahkan mereka yang kelihatan baik padahal penuh dengan kemunafikan, kelemahan diri, semua dapat dijadikan alat oleh Iblis untuk menjerat kita (1 Korintus 15:33, 2 Korintus 11:14). Sebab itu waspadalah dan jangan pernah memberi kesempatan kepada Iblis.

Dua, hidup dipimpin oleh Roh. Roh Kudus yang ada dalam kita bagaikan sebuah alarm yang akan bekerja mengingatkan kita, tatkala kita berada di area yang berbahaya. Ia akan menginsyafkan kita dari dosa (Yohanes 16:8), karena keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera (Roma 8:6). Orang yang hidup dalam Roh memiliki power untuk mematikan perbuatan-perbuatan daging. “Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan” (2 Korintus 3:17). Roh Allah tidak pernah memperbudak hidup manusia.

Tiga, ingatlah selalu status kita. Sangat tidak wajar orang hamba kebenaran masih hidup di bawah belenggu Iblis, sehingga kebenaran tidak terpancar dalam segala aspek hidup kita. Mengingat status kita, maka jangan kalah terhadap kejahatan, tetapi sebaliknya kalahkan kejahatan dengan kebaikan (Roma 12:21). Hamba kebenaran yang adalah hamba Allah, dari hidupnya akan keluar buah-buah yang membawa pada pengudusan.

Sebagai orang merdeka, apakah kehidupan kita sesuai dengan predikat sebagai hamba kebenaran? Hiduplah dalam pimpinan Tuhan dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan! (Galatia 5:1). Jadilah senjata-senjata kebenaran. (lr)

Doa: Bapa di sorga, mulai hari ini aku membuat keputusan tegas untuk hidup sebagai orang merdeka. Pimpinlah hidupku. Amin.
 

Must Read