Di Bawah Kendali Allah

TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya. (Mazmur 37:23)

Pernahkah di saat malam hari Anda memperhatikan langit serta bulan dan bintang yang ada di sana? Pernahkah Anda bayangkan, apa yang akan terjadi jika benda-benda langit itu tidak dikendalikan secara ilahi? Bintang-bintang akan saling berbenturan dan berjatuhan menimpa bumi. Planet berputar tanpa kendali dengan kecepatan tinggi. Namun, kita patut bersyukur, karena Allah telah mengaturnya sedemikian rupa. Pemazmur menuliskan, “Pujilah Dia, hai matahari dan bulan, pujilah Dia, hai segala bintang terang!” Alasannya, “… sebab Dia memberi perintah, maka semuanya tercipta. Dan mendirikan semuanya untuk seterusnya dan selamanya, dan memberi
ketetapan yang tidak dapat dilanggar.” (Mazmur 148:3,5-6).

Allah kita adalah Allah yang teratur, bukan kacau. Setiap malam bintang yang sama selalu berada di tempatnya yang tepat di alam semesta. Siang dan malam selalu sesuai jadwal. Gravitasi yang Allah atur membuat planet-planet berputar secara sempurna mengelilingi matahari.

Tentu kita semua sangat berharap untuk dapat hidup dengan keteraturan yang seperti itu bukan? Dan memang demikianlah kehendak Tuhan atas hidup manusia ciptaan-Nya.  Tetapi harus diakui bahwa begitu banyak dari orang Kristen yang hidupnya masih kacau. Berusaha untuk hidup baik, tetapi selalu mendapatkan yang buruk. Berusaha untuk mengatur pengeluaran tetapi selalu saja kekurangan. Hidup seperti dikejar dan penuh beban berat.

Saudara, ingatlah selalu bahwa Allah yang menjaga keteraturan alam semesta, Dia juga pasti akan memberi keteraturan dalam hidup kita. Firman Allah mengatakan, “TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya.”  Dia yang akan menetapkan dan mengendalikan hidup kita sehingga menjadi teratur. Tetapi ada rahasianya, hiduplah berkenan kepada-Nya. Maksudnya, Allah mengatur hidup manusia dan sebagai orang percaya harus mengikuti ketetapan-Nya karena aturan Allah tidak bisa dilanggar. Lakukan bagian kita dan Allah akan melakukan bagian-Nya. Hidup yang teratur adalah hidup yang berada di bawah kendali Allah sepenuhnya. (se)

DOA: “Bapa, aku bersyukur karena hidupku sepenuhnya ada di bawah kendali-Mu. Ajarlah aku untuk hidup berkenan kepada-Mu. Amin.”

Previous article
Next article

Must Read