HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 20 Agustus 2017

Khotbah Minggu, 20 Agustus 2017

PENCOBAAN   
Ayat Pokok: Yakobus 1:13; Matius 6:13
Oleh: Pdt. A.H. Mandey
 
Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!”  Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.

Pencobaan
Siapa saja bisa kena pencobaan.  Namun hanya mereka yang berdiri di atas Petros (= Batu karang, yaitu Yesus), akan tetap teguh berdiri.

Mendapat cobaan bukanlah pengalaman yang menyenangkan.  Tidak sedikit yang kecewa, marah, sakit hati dan menyerah… meninggalkan Tuhan.  Padahal Tuhan menjamin, pencobaan yang kita alami takkan melebihi kemampuan kita.

“Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia.  Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu.  Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya” – 1 Korintus 10:13.
Satu hal lagi yang perlu kita ingat: Tuhan tidak pernah mencobai siapa pun.  Dia mengijinkan pencobaan datang.  Dan Dia pula yang sanggup membebaskan saudara dan saya dari pencobaan yang kita alami.  Haleluya!  “dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat…” – Matius 6:13.

Orang-orang yang mengalami pencobaan, antara lain:
• Esau – Kejadian 25:29-34;
• Akhan – Yosua 7:21;
• Simson – Hakim-Hakim 14:16-17;
• Salomo – 1 Raja-Raja 11:1-4;
• Daud – 2 Samuel 11:2-4;
• Gehazi – 2 Raja-Raja 5:20-23;
• Petrus – Matius 26:69-75; Lukas 22:55-62;
• Dan banyak lagi.

Sumber Pencobaan
Ada beberapa sumber pencobaan.  Namun sekali lagi, pencobaan tidak datang dari Allah!

1) Berasal Dari Sifat Manusia Berdosa
Penyakit kusta yang diderita Naaman pindah ke Gehazi, hamba Elisa, karena ia tak tahan godaan dan silau akan harta dunia!

Seorang pemuda jatuh ke dalam pelukan perempuan tidak baik, karena tak kuasa menahan godaan dan rayuan – Amsal 7:21-23.

2) Berasal Dari Iblis
Adam dan Hawa dicobai Iblis – Kejadian 3:1.  Iblis juga mencobai Daud – 1 Tawarikh 21:1.  Di padang gurun, Ia bahkan tiga kali mencobai Yesus – Matius 4:1-11!

3) Berasal Dari Dunia
“Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia” – 1 Yohanes 2:16.
Kekuatiran dunia dan tipu daya kekayaan menghimpit Firman sehingga tidak bisa berbuah – Matius 13:22. 

Hal-hal menarik yang membawa orang pada pencobaan:
1. Uang – 1 Timotius 6:9-10
Mereka yang ingin kaya jatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan pelbagai nafsu.  “Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang…”
2. Kuasa – Ulangan 8:17-18; 2 Tawarikh 26:16
3. Hawa Nafsu – Amsal 6:25; 7:21
4. Kesombongan – Amsal 11:2

Keinginan untuk memuaskan keinginan daging bisa mendatangkan pencobaan dan kesusahan dalam hidup kita.  Karena itu sangat penting untuk senantiasa mengandalkan Tuhan dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Sebab hanya Tuhan yang sanggup melepaskan saudara dan saya dari pencobaan dan menjadikan kita lebih dari pemenang.

“Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.” Roma 8:37. Tuhan Yesus memberkati saudara!

Previous article
Next article

Must Read