HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 14 Januari 2018

Khotbah Minggu, 14 Januari 2018

PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN IMAN
Ayat Pokok: Yudas 1:17-23
Oleh: Pdt. Horas F. Nainggolan

Kitab Kejadian adalah kitab permulaan. Permulaan penciptaan, permulaan jatuhnya manusia ke dalam dosa, permulaan bagaimana Allah menyatakan kasih-Nya, bahkan permulaan Allah menyatakan umat pilihan-Nya. Dalam Kejadian 1 dikatakan bahwa Allah menciptakan manusia serupa dengan gambar-Nya supaya manusia berkuasa atas segala ciptaan-Nya. Ketika manusia jatuh ke dalam dosa, Allah tidak langsung menghukum atau memusnahkannya. Allah yang penuh kasih dan kemurahan itu mengangkat manusia kembali dan terus menyatakan kuasa-Nya kepada manusia.

Ada empat hal yang dikemukakan dalam ayat pokok:

1. Percaya kepada Tuhan.
“… bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.” (ayat 20). Suatu bangunan bisa berdiri dengan kokoh sangat tergantung pada pondasinya. Demikian pula dengan kehidupan kita, tergantung bagaimana kita mengisi dan menjalani hidup ini untuk sampai pada kekekalan. Yudas katakan, “… tetap berjuang untuk mempertahankan iman ….” (1:3). “Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, …” (Ibrani 12:2).

2. Berdoa dalam Roh Kudus.
“… sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh itu sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-eluhan yang tidak terucapkan.” (Roma 8:26). Kita berdoa, Roh Kudus yang bekerja bagi kita.

3. Memelihara Kasih Allah.
Hidup kita sudah dibeli dengan darah Yesus, maka kita perlu menjaga hidup kita dalam kasih Yesus, “Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikian juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu.” (Yohanes 15:9). Bagaimana kita bisa memelihara kasih Allah dalam hidup kita? “Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, …” (ayat 10).

4. Bersaksi.
“Tunjukkanlah belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu.” (Yudas 1:22). Ada misi yang Tuhan taruh dalam hidup kita, yaitu supaya kita menjadi saksi bagi orang-orang lain. Apa yang kita kerjakan dan apa yang kita bangun menjadi perjuangan untuk mempertahankan iman kita. Kiranya Tuhan menolong kita semua. Tuhan Yesus memberkati.

Must Read