HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKhotbah Minggu, 10 Maret 2019

Khotbah Minggu, 10 Maret 2019


ALLAH ADALAH WARISAN DAN PIALAKU
Ayat Pokok: Mazmur 16:5-6
Oleh: Pdp. Hessel N. Mandey

Ya TUHAN, Engkaulah bagian warisanku dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku (ay. 5). Dalam Bahasa Inggris: “The LORD is the portion of mine inheritance and of my cup: thou maintainest my lot” = Engkau yang memelihara, menjagawilayahku. Jadi Tuhan yang menjaga warisan kita, piala kita, pusaka kita.

Bagian dan Milik Pusaka
Pada saat bangsa Israel masuk ke tanah perjanjian, Allah sudah menentukan wilayah-wilayah untuk setiap suku. Tapi untuk suku Lewi dan keturunan Harun, Allah katakan, “Di negeri mereka engkau tidak akan mendapat milik pusaka dan tidak akan beroleh bagian di tengah-tengah mereka; Akulah bagianmu dan milik pusakamu di tengah-tengah orang Israel.”

Jadi Allah sendiri menyerahkan diriNya menjadi milik dari imam-imam (suku Lewi adalah imam-imam, yang melayani dalam kemah pertemuan, bait Allah). Allah menjamin kehidupan dari suku Lewi dan keturunan Harun. Allah tidak memberikan wilayah-wilayah tanah; harta dunia yang bisa hilang. Tapi Allah memberikan diriNya sendiri menjadi bagian dari mereka. Suatu jaminan yang luarbiasa bagi orang-orang yang melayani Tuhan.

Piala

Dalam kisah Yusuf, melalui piala Yusuf yang dikatakan hilang dan ditemukan di karung Benyamin, dan akhirnya Yusuf membuka siapa dirinya sebenarnya kepada saudara-saudaranya, membuat Yakub tahu bahwa Yusuf masih hidup. Yakub yang semula sangat berduka karena mengira Yusuf sudah mati, menjadi bangkit semangatnya dan bersukacita karena mengetahui Yusuf masih hidup. Piala Yusuf menggambarkan Piala Yesus; membangkitkan semangat, memberikansukacita!

Haleluyah! Tuhan Yesus memberkati.

Must Read