HomeInfo RohaniRingkasan KhotbahKebaktian Minggu, 9 Juni 2019

Kebaktian Minggu, 9 Juni 2019


HIKMAT DUNIA & HIKMAT ALLAH
Ayat Pokok: 1 Korintus 2:6-11
Oleh: Pdt. Haniel van der Krogt

Ada dua hikmat yang diutarakan Paulus dalam ayat pokok ini, yaitu hikmat yang datang dari dunia, dan hikmat yang datang bukan dari penguasa-penguasa dunia ini yaitu hikmat Allah.

Hikmat Dunia
Hikmat yang dari dunia, datang dari penguasa-penguasa yang ditiadakan; setan, guru-guru palsu, kedagingan, pengetahuan umum. Karena itu hikmat dunia bisa dimanfaatkan secara salah; salah dalam memahami, salah dalam aplikasi, salah dalam bertindak. Banyak orang ingin mengenal Tuhan, tetapi mereka menggunakan hikmat dunia semata. 1 Kor. 2:8 mengatakan: “Tidak ada dari penguasa dunia ini yang mengenalnya, …” Jadi untuk mengenal Tuhan tidak bisa dengan hikmat dunia.

Hikmat Allah
Tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita. Hikmat Allah sinonimnya adalah Roh Tuhan, Roh Kudus. Jadi Roh Kudus sudah disediakan sejak dunia belum diciptakan dan manusia belum ada, untuk kemuliaan manusia.

Apa yang tidak bisa kita tahu dari Tuhan dan yang tidak bisa kita pelajari tentang Tuhan, Roh yang akan membantu kita untuk mengetahui apa yang ada dalam diri Allah. “… sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah” (ay. 10).

Dalam ayat 11 dikatakan: “Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.” Karena itu kita perlu memiliki hikmat Allah yaitu Roh Kudus supaya kita dapat mengetahui apa yang ada dalam diri Allah dan betapa luasnya pekerjaan roh. “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: …” adalah pekerjaan Roh yang belum pernah terjadi di masa sekarang tetapi pasti akan terjadi. Gereja Tuhan pasti akan mengalami pekerjaan hebat dari Roh Tuhan.

Haleluyah! Tuhan Yesus memberkati.

Previous article
Next article

Must Read