Khotbah Minggu, 29 September 2019

MATA TUHAN
Ayat Pokok: 2 Tawarikh 16:9
Oleh: Rev. Kindah J. Greening

Allah adalah Roh, karena itu kita tidak bisa memandang Allah dengan mata jasmani. Tetapi kita bisa mendengar suara Allah. Artinya Allah mempunyai suara. Dan Dia juga mempunyai mata. “… mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia …” (2 Taw. 16:9).

Tuhan mengelilingi, mengawasi, dan menjaga sebagai biji mata-Nya terhadap orang-orang yang memberikan hatinya sepenuhnya kepada Tuhan.

Mata Tuhan menjelajah seluruh bumi
Dunia tempat kita tinggal sangat tandus akibat dosa. Tetapi mata Allah menjelajahi bumi ini untuk mencari orang-orang yang hatinya berpaut sepenuhnya kepada-Nya.

Mengapa Allah mau melakukan hal yang demikian? Karena kasih. Dia mengasihi gereja-Nya. Allah mempunyai tujuan yang sangat dahsyat bagi gereja-Nya.

Gereja akan bertumbuh dalam kuasa dan pengurapan Roh Kudus. Dia akan membangkitkan pemimpin-pemimpin dan guru-guru yang akan mengajarkan jalan-jalan Tuhan sehingga kita tidak lagi tinggal di tempat yang tandus; tandus rohani.

Dia juga akan membangun tembok-tembok perlindungan dan tidak akan membiarkan hati kita dicekam oleh ketakutan; ketakutan akan masa depan. Meskipun kadang masa depan terlihat suram, jangan takut, Allah sudah menyediakan masa depan yang penuh pengharapan.

Mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar
1 Petrus 3:12 “Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, …” 

Daud, adalah orang yang dipilih Allah untuk menggantikan Saul. Kenapa Allah memilih Daud? Karena “Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku” (Kis. 13:22).

Kemudian Allah mengangkat Daud menjadi raja. Dan dari keturunannyalah, sesuai dengan yang telah dijanjikan-Nya, Allah telah membangkitkan Juruselamat bagi orang Israel, yaitu Yesus.

Haleluyah! Tuhan Yesus memberkati.