Saksi Kristus

Kamu adalah saksi dari semuanya ini. (Lukas 24:48)

Saat Tuhan Yesus akan naik ke sorga, Ia berkata kepada murid-murid-Nya: “Kamu adalah saksi dari semuanya ini.” Murid-murid saat itu adalah saksi-saksi dari hidup dan pelayanan Tuhan Yesus Kristus di dunia ini, sebab mereka selama sekian waktu telah bersama-sama dengan Dia. Murid-murid melihat perilaku-Nya, pekerjaan pelayanan-Nya, dan berinteraksi dengan Yesus tentang berbagai hal. Tugas seorang saksi adalah meneruskan berita yang ia ketahui kepada orang lain. Dari pengertian ini kita bisa memahami bahwa pelayanan Yesus Kristus di dunia telah berakhir, tetapi pelayanan para murid-Nya baru saja akan dimulai.

Yesus menegaskan kepada murid-murid-Nya bahwa tugas sebagai seorang saksi Kristus itu mustahil dilakukan dengan kekuatan mereka sendiri sehingga Bapa Sorgawi menjanjikan adanya penolong. Itulah sebabnya Yesus tidak meminta mereka segera beraksi, namun Yesus meminta mereka untuk menantikan seorang penolong yang lain, yaitu Roh Kudus. Baru setelah mereka dipenuhkan oleh Roh Kudus, mereka siap untuk melaksanakan tugas sebagai seorang saksi bagi Kristus (Kisah Para Rasul 1:8; 2:4).

Firman Allah dalam nats hari ini juga datang bagi kita, sebab kita pun adalah seorang saksi Kristus. Kita telah mengetahui, mengalami dan mengerti tentang Tuhan Yesus Kristus melalui Firman tertulis yaitu Alkitab yang diajarkan, dikhotbahkan, dan kita baca setiap hari. Semua itu harus kita teruskan kepada mereka yang belum mengenal Dia dalam dunia ini. Memang kita tidak melihat dan tidak hidup pada masa Tuhan Yesus Kristus ada di dalam dunia ini, namun Alkitab memberikan tuntunan dan informasi tentang Dia kepada kita.

Marilah selama kita masih ada di dalam dunia ini, kita melaksanakan pelayanan sebagai seorang saksi Kristus di mana pun kita berada. Seorang saksi Kristus Tuhan yang memberitakan Kristus yang telah mati dan bangkit untuk menebus dosa seisi dunia kepada orang lain dengan penuh ketulusan, ketabahan dan kesabaran. Yakinlah Roh Kudus akan memberikan kesanggupan kepada kita untuk melaksanakan tugas ini. (aa)

DOA: “Roh Kudus, jadikanlah aku seorang saksi Kristus yang dapat membawa jiwa-jiwa datang kepada-Mu. Amin.”

Must Read