HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanDampak Iman yang Bertumbuh

Dampak Iman yang Bertumbuh

Bacaan Alkitab Setahun: Yunus 1-4

Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu. (Yakobus 1:21)

Tuhan menghendaki iman kita bertumbuh. Sebab paling tidak ada tiga dampak besar jika iman kita bertumbuh menjadi dewasa di dalam Tuhan.

Pertama, jiwa kita menjadi selamat. Tujuan iman kita yang utama adalah keselamatan jiwa kita. Pada saat oleh iman kita menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, roh kita diselamatkan. Manusia sesungguhnya di dalam diri kita adalah roh, bukan tubuh kita yang bersifat fana ini. Lewat Penebusan dosa oleh darah Yesus kita menerima mujizat terbesar yaitu keselamatan jiwa kita yang sifatnya kekal. 1 Petrus 1:9 mengatakan: “Karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu.”

Kedua, orang lain diselamatkan. Orang yang imannya bertumbuh adalah orang yang taat kepada firman Tuhan. Cara hidup kita, perbuatan dan tindakan kita dalam ketaatan kepada Firman adalah kesaksian yang hidup sehingga orang lain dapat diselamatkan. Khotbah yang hidup bukanlah melalui ucapan tapi melalui perilaku nyata sehari-hari. Tepatlah apa yang tertulis dalam 1 Petrus 3:1 ini, “Demikian juga kamu, hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, supaya jika ada di antara mereka yang tidak taat kepada Firman, mereka juga tanpa perkataan dimenangkan oleh kelakuan isterinya.”

Ketiga, lewat hidup kita, Tuhan dipermuliakan. Dalam kasih karunia Tuhan, baiklah kita terus bertumbuh di dalam iman dan pengenalan akan Tuhan (2 Petrus 3:18). Pada saat iman kita bertumbuh di dalam Tuhan melalui ketaatan dan kesetiaan kita, Tuhan akan dipermuliakan. Bahkan semua pelayanan yang kita lakukan untuk Tuhan akan mendapat upah (Matius 25:21).

Jika iman kita bertumbuh pasti kita memiliki ketiga hal di atas. Hidup kita pun pasti sudah jadi berkat, kita berkenan di mata Tuhan dan manusia seperti halnya Tuhan Yesus (Lukas 2:52). Jangan kita hidup hanya supaya dikasihi manusia. Tetapi kejarlah perkenanan Tuhan dengan memiliki iman yang terus bertumbuh menjadi semakin dewasa. Hidup kita harus menjadi berkat, maka kita akan berkenan di mata Allah dan juga manusia. Haleluyah. (gel)

DOA : “Tuhan Yesus, aku ingin imanku terus bertumbuh. Sebab itu aku mau hidup setia melakukan setiap firman-Mu. Amin.”

Must Read