HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanTugas Pemuda Kristen untuk Indonesia

Tugas Pemuda Kristen untuk Indonesia

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 35-36

Aku akan mengangkat pemuda-pemuda menjadi pemimpin mereka, dan anak-anak akan memerintah atas mereka. (Yesaya 3:4)

Krisis pencarian identitas dialami juga oleh para pemuda Kristen. Begitu banyak gejolak yang dialami oleh anak muda Kristen berkaitan dengan iman kepercayaannya, etika dan moral Kristen, kehidupan keseharian, pergaulan dengan lawan jenis, pendidikan dan pekerjaannya, godaan dunia yang ditawarkan kepada mereka, dlsb. Para orangtua harus mampu menolong para pemuda untuk membangun identitas diri. Anak-anak muda tidak boleh dilepaskan begitu saja. Mereka harus diawasi dan dididik dalam takut akan Tuhan. Masa muda mereka harus diisi dengan kebenaran firman Tuhan. Para anak muda memiliki semangat, motivasi, ide, dan kreativitas yang sungguh besar. Semua itu harus digali, kemudian dibentuk dan dibangun di atas dasar firman Tuhan. Sehingga mereka kelak memiliki identitas sebagai murid Kristus.

Rencana Tuhan untuk para anak muda Kristen adalah menjadikan mereka kepala, bukan ekor. Karena itu tugas mereka untuk Indonesia adalah: Pertama, bertekun dalam doa untuk kesejahteraan bangsa ini (Yeremia 29:7). Lakukan itu terus menerus seperti penabur yang tidak pernah lelah sehingga pada waktunya menuai dengan bersorak sorai. Kedua, selalu belajar dalam segala hal dan merenungkan firman Tuhan (Mazmur 1:1-3; Yosua 1:8). Banyak anak muda Kristen gagal menjadi pemimpin karena tidak mau belajar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Mereka kuatir dengan biaya. Jangan kuatir dengan biaya dan keperluan lainnya, karena, “Allah kita akan memenuhi segala keperluan kita …” (Filipi 4:19). Allah akan memberkati para anak muda Kristen sehingga berhasil meraih masa depan yang gemilang.

Ketiga, mau diproses Tuhan sehingga menjadi pemimpin yang tangguh. Seperti Yusuf seringkali banyak orang bahkan saudara sendiri yang iri hati akan keberhasilan kita. Ada pula yang menjual nama kita, memfitnah bahkan sampai memenjarakan kita secara psikis, tetapi kita harus tetap percaya kepada Tuhan. Jadilah anak muda yang selalu mengandalkan Tuhan. Jangan pernah mengandalkan kekuatan dan kepintaran sendiri. Terakhir keempat, jangan pernah menyimpan dendam, kepahitan, sakit hati terhadap siapapun karena itu akan membuat kita jatuh. Selamat berkarya. Tuhan akan menjadikanmu salah satu pemimpin di Indonesia. (ywj)

DOA : “Tuhan Yesus, berkatilah anak-anakku supaya kelak mereka dapat berkontribusi bagi kemajuan bangsa ini. Amin.”

Must Read