Kebangkitan Manusia

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 49-50

Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia. (1 Tesalonika 4:14)

Yesus diserahkan untuk mati karena segala dosa dan pelanggaran kita. Ia bangkit untuk membenarkan kita seperti yang ditulis dalam Roma 4:25, “Yaitu Yesus, yang telah diserahkan karena pelanggaran kita dan dibangkitkan karena pembenaran kita.” Itulah Paskah! Itulah dasar iman kita: Kematian dan kebangkitan Yesus. Sebab, jika Yesus tidak bangkit, sia-sialah iman dan kepercayaan kita (1 Korintus 15:14).

Kuasa yang sama yang telah membangkitkan Yesus 2000 tahun lalu, kelak akan membangkitkan tubuh fana saudara dan saya. Roma 8:11 katakan: “Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.” Kematian jasmani tidak berkuasa atas kita yang telah diselamatkan oleh karya penebusan Kristus. Kelak kita akan dibangkitkan untuk menerima hidup yang kekal.

Tetapi orang yang tidak percaya juga dibangkitkan, karena itu kita mengenal dua kebangkitan yang berlaku untuk manusia. Pertama, kebangkitan orang percaya (1 Tesalonika 4:14-16; Wahyu 20:4-5). Terjadi saat Tuhan Yesus datang kembali. Semua yang mati dalam Tuhan akan dibangkitkan, yang masih hidup akan diangkat menyongsong Tuhan di angkasa untuk hidup bersama-Nya untuk selamanya. Kedua, kebangkitan orang tidak percaya (Wahyu 20:12-15). Terjadi setelah masa Kerajaan 1000 tahun, setelah perang Gog dan Magog. Semua yang mati di luar Tuhan akan dibangkitkan untuk menerima pehukuman kekal dalam lautan api yang menyala-nyala.

Saudara dan saya tentu tidak ingin dihukum untuk selama-lamanya di dalam lautan api yang menyala-nyala. Sebaliknya kelak kita ingin dibangkitkan untuk hidup bersama dengan Tuhan selama-lamanya di dalam Kerajaan Sorga. Untuk itu marilah kita hidup dalam takut akan Tuhan. Beribadah kepada Tuhan dan melakukan kehendak-Nya dalam sisa hari yang masih Ia berikan bagi kita. Juga layanilah Tuhan dengan apa yang dapat kita buat bagi Tuhan. Kiranya Tuhan menolong kita semua. (ahm)

DOA : “Tuhan Yesus, aku mau hidup seturut kehendak-Mu. Aku ingin masuk dalam bilangan mereka yang dibangkitkan untuk menerima hidup yang kekal bersama dengan-Mu di dalam sorga. Amin.”

Must Read