HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanBangkitlah Menjadi Terang

Bangkitlah Menjadi Terang

“Bangkitlah, menjadi teranglah,… Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.” (Yes 60:1-2)

Semua orang yang percaya kepada Yesus adalah anak-anak Allah. Firman Tuhan berkata bahwa Roh yang ada di dalam kita lebih besar dari Roh yang ada di dalam dunia ini. Walaupun mungkin badan kita kecil, tetapi kalau roh Allah ada di dalam kita, maka kita akan menjadi lebih besar dari roh-roh duniawi dan dapat mengalahkan roh-roh jahat atau kuasa gelap yang ada di dalam dunia ini.

Di manakah Roh Allah akan berdiam dalam tubuh kita? Manusia terdiri dari tiga bagian yaitu roh, jiwa dan tubuh. Tubuh seringkali menjadi masalah besar bagi manusia. Tubuh perlu diobati manakala sakit. Seorang wanita rajin merawat tubuh supaya tetap cantik dan menarik. Tubuh perlu makanan, pakaian, rumah dan lain lain. Tetapi manusia akan tidak ada artinya tanpa bagian yang kedua, yaitu jiwa. Di dalam jiwa terletak pikiran, kemauan dan perasaan. Jiwa tidak kelihatan, tidak bisa diraba, tetapi sangat penting dalam hidup ini. Tidak ada gunanya orang memiliki paras yang cantik ataupun ganteng kalau jiwanya tidak normal. Dan bagian ketiga dari manusia adalah roh manusia. Amsal 20:27 berkata: “Roh manusia adalah pelita TUHAN yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya.”

Roh manusia adalah pelita Tuhan. Pelita artinya alat untuk menerangi dalam kegelapan. Roh akan menerangi semua perbuatan-perbuatan yang gelap. Mazmur 119:105 juga mencatat bahwa firman Tuhan adalah pelita bagi kaki kita dan terang bagi jalan kita. Jadi firman Tuhan menerangi jalan hidup kita. Manusia mempunyai roh. Kalau manusia tidak percaya kepada Tuhan, maka rohnya tidak akan berfungsi. Kegelapan akan melingkupi kehidupan manusia. Roh manusia akan hidup kembali ketika percaya kepada Tuhan dan Roh Allah berdiam di dalamnya. Setelah pelita Tuhan menyala dalam hidup kita, maka kita harus menjadi terang bagi dunia yang gelap ini. Dunia membutuhkan keselamatan. Dan keselamatan hanya dapat diperoleh di dalam Kristus. Firman-Nya, “Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu. Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.” (wb)

DOA : “Tuhan Yesus, aku ingin hidupku dapat menjadi terang bagi sekitarku. Aku rindu lewat kesaksianku ada jiwa-jiwa yang dapat diselamatkan dari kebinasaan. Amin.”

Must Read