Lahir dari Atas

Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.” (Yoh 3:3)

Nikodemus adalah seorang pemimpin Agama Yahudi, seorang Farisi, ia orang terpandang pada zaman itu. Ia begitu yakin akan masuk Kerajaan Sorga. Tapi apa yang terjadi? Yesus mengajarkan bahwa masuk dalam Kerajaan Sorga harus melalui kelahiran kembali. Lahir kembali dari kata asli Yunaninya berarti lahir dari atas, dari tempat yang lebih tinggi. Lahir kembali adalah hidup baru yang dikerjakan oleh Roh Kudus yang berasal dari sorga. Selanjutnya Yesus menjelaskan yang dilahirkan dari daging adalah daging, dan yang dilahirkan dari Roh adalah roh.

Yesus berbicara tentang hal sorgawi sedangkan pemahaman Nikodemus bersumber dari Taurat. Pemahamannya itu membuat ia susah untuk mengerti. Nikodemus buta rohani, ia tidak tahu hal-hal sorgawi, walaupun ia merasa paling mengerti. Akibatnya ia sama sekali tidak bisa melihat kerajaan Alllah apalagi masuk ke dalamnya. Sifatnya saja ketakutan, datang menjumpai Yesus waktu malam, sebab takut dilihat orang. Kita bisa bayangkan kalau Nikodemus tidak bertemu dengan Yesus, ia pasti akan kecewa dan kepahitan. Semua pengabdiannya sebagai pemuka agama yang sudah berjerih payah untuk mengajar umat Israel supaya layak dan masuk sorga akan sia-sia bahkan ia sendiri tidak dapat masuk dalamnya. Semua itu dapat terjadi karena tidak memiliki pemahaman yang benar. Untungnya dia sudah bertemu dengan Yesus sendiri. Selanjutnya, jika ia menanggapi tantangan untuk lahir kembali, ia pasti masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sayangnya Alkitab tidak mencatat respon Nikodemus.

Kita tidak bisa berkata kasihan sekali Nikodemus. Jangan-jangan kita juga sama dengan dia. Walaupun setiap hari kita disuguhi renungan dan berdoa dengan rajin, kita banyak waktu membahas Kerajaan Sorga, tapi yang menjadi pertanyaan apakah kita hidup seperti yang Tuhan Yesus harapkan?

Kelahiran dari atas dikerjakan oleh Roh Kudus dengan menyucikan dan memberikan kita hati yang baru sehingga kita layak masuk ke dalam Kerajaan Sorga (1 Petrus 1:9). Roh Kudus tidak terbatas menyatakan kuasa dan pekerjaan-Nya di akhir zaman ini. Karena itu bagi kita yang telah dilahirkan dari atas, inilah saatnya kita menjadi saksi dan berbuah bagi Kerajaan Sorga. (gel)

DOA : “Terimakasih Tuhan Yesus, Engkau telah menyucikan dan membaharui hatiku. Sekarang aku ingin hidup dalam kebenaran-Mu dan menjadi saksi-Mu agar orang lain pun mengenal-Mu. Amin.”

Must Read