Pengampunan

“Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” (Luk 23:34)

Tujuh perkataan Yesus di kayu salib merupakan tujuh ucapan yang mencakup seluruh pengajaran mengenai kasih Allah bagi manusia. Kasih yang sulit untuk dipahami, sulit untuk dimengerti secara tuntas karena ia melebihi kapasitas serta rasio pemikiran manusia yang terbatas. Tujuh perkataan Tuhan Yesus di kayu salib memberikan makna dan pesan yang begitu mendalam bagi kehidupan orang percaya. Tuhan mau semua itu dipelajari dan dipraktekan oleh kita.

Ucapan Yesus yang pertama dari kayu salib: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” (Lukas 23:34). Ucapan ini mengungkapkan kasih yang sama sekali di luar dugaan dan sama sekali tidak menilik jasa. Kata-kata ini merangkum bagaimana kekuatan kasih yang tidak terbatas diberikan bagi orang-orang yang berdosa. Di atas kayu salib, Yesus melakukan fungsi-Nya sebagai seorang juru syafaat dengan meminta ampun kepada Bapa di sorga atas perbuatan-perbuatan mereka yang telah menyalibkan Dia. Ia mendoakan tentara Roma, bahkan seperti yang diisyaratkan Petrus dalam Kisah Para Rasul 3:17, juga mendoakan para pemimpin agama umat Israel. Betapa banyak lagi yang terhisab dalam doa ini, hanya Yesus dan Bapa yang tahu, teruntuk siapa saja doa ini ditujukan.

Ucapan pengampunan yang diucapkan Yesus mengajarkan kita bahwa prinsip pengampunan adalah mengasihi musuh. Mendoakan dan mengharapkan mereka bertobat serta mengampuni segala dosa-dosa mereka. Tetapi bukan berarti membiarkan mereka berdosa terus menerus. Ucapan pengampunan yang diucapkan oleh Tuhan Yesus bukan supaya orang-orang yang didoakan diampuni tanpa pertobatan, tetapi supaya mereka diampuni melalui pertobatan. Pertobatan adalah syarat agar mereka menerima pengampunan.

Marilah kita belajar kepada Tuhan Yesus Kristus untuk memiliki hati yang mau mengampuni orang-orang yang telah menyakiti dan memperlakukan kita tidak adil dalam kehidupan ini. Roh Kudus kiranya memberikan kekuatan dan kesanggupan kepada kita. (aa)

DOA : “Tuhan Yesus, aku mau belajar mengasihi mereka yang menyakitiku dan memperlakukanku tidak adil. Aku mau berdoa agar mereka bertobat dan menerima pengampunan dari Tuhan. Amin.”

Must Read