HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanPendidikan Merupakan Aset yang Besar

Pendidikan Merupakan Aset yang Besar

Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu. (Ams 29:17)

Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu masa depan anak-anak kita bahkan penentu masa depan bangsa kita. Melalui pendidikan yang berkualitas harkat dan martabat bangsa ini akan terangkat. Untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas diperlukan kerja keras dari semua pihak, salah satunya adalah orangtua. Orangtua adalah seorang guru di rumah yang harus memberikan pendidikan yang baik dan benar kepada anak-anaknya sehingga mereka dapat memiliki kualitas, baik dalam intelektualitas dan terutama dalam pembentukan karakter.

Nats hari ini adalah suatu perintah kepada setiap orangtua agar supaya mereka tidak lupa memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anak mereka. Jauh sebelum Salomo menuliskan Amsalnya, Musa di seberang Sungai Yordan telah terlebih dahulu memberi perintah kepada orang Israel agar mereka mendidik anak-anak mereka supaya hidup takut akan Tuhan. Bahkan Musa meminta: “Haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.” (Ulangan 6:7).

Sebagai orangtua, kita harus memperhatikan pendidikan anak-anak kita. Bukan hanya di sekolah saja, namun di rumah juga pendidikan itu harus tetap berjalan. Sebab pendidikan di rumah pun dapat memberikan dampak yang besar. Pendidikan di rumah dapat mengajarkan tentang kebenaran firman Allah, nilai-nilai dan norma-norma dalam kehidupan ini. Jika hal ini dilakukan dengan baik, maka pendidikan ini merupakan aset yang besar di kemudian hari, yaitu kelak akan memberikan ketenteraman dan sukacita bagi kita.

Marilah sebagai orangtua kita memperhatikan hal ini. Sebab inilah yang berkenan di hadapan Allah. Sediakanlah porsi yang besar untuk mendidik anak-anak kita dengan baik, supaya anak-anak kita tidak tergerus dengan keadaan dunia yang semakin jahat (2 Timotius 3:1-5) dan tidak hidup dalam dosa. Kiranya Roh Kudus memberikan kemampuan dan kesanggupan kepada kita sebagai orangtua. (aa)

DOA : “Tuhan Yesus, berikanlah aku kemampuan untuk dapat mendidik anak-anakku dalam takut akan Tuhan. Amin.”

Must Read