HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanDi Manakah Letak Kekuatanmu ?

Di Manakah Letak Kekuatanmu ?

Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus. (Yud 1:20)

Firman Tuhan adalah sumber kekuatan orang Kristen. Jika kita ingin menjadi kuat, kita harus membangun iman kita di atas dasar firman Tuhan. Melalui firman Tuhan kita bisa mengenal pribadi Tuhan dan kehendak-Nya. Orang yang mengenal Tuhan dengan baik pasti hidupnya takut akan Tuhan dan setia melakukan perintah Tuhan. Pada saat kita melakukan firman Tuhan, jalan hidup kita akan menjadi terang. Karena firman Tuhan adalah kebenaran yang menjaga hidup kita dari melakukan pelanggaran dan dosa. Mazmur 119:105 menulis: “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” Sebaliknya tanpa ketaatan melakukan firman Tuhan, kita akan menjadi orang Kristen yang kehilangan kekuatan rohani. Orang Kristen yang lemah, hidupnya akan mudah diperdaya oleh dunia. Seberapa besar kita mentaati dan melakukan firman Tuhan, sebesar itulah iman kita akan bertumbuh. Dampak dari ketaatan kita kepada Firman, Tuhan akan hadir untuk menyertai dan membela hidup kita setiap hari.

Setiap hari kita menghadapi musuh-musuh iman. Persoalan kita akan menang atau kalah menghadapi musuh-musuh iman kita tergantung dari ketaatan kita terhadap firman Tuhan. Tuhan tidak pernah memaksa kita untuk taat. Tuhan hanya mengingatkan kita agar tetap taat melalui firman Tuhan dan dengan dorongan Roh Kudus di dalam hati kita. Orang Kristen yang tidak taat, selain menjadi lemah juga tidak memiliki kuasa dari Tuhan. Sebaliknya, orang Kristen yang taat akan menikmati cinta kasih Tuhan. Ia pun senang menceritakan kasih Tuhan melalui kesaksian. Lewat kesaksian mereka banyak orang diberkati dan menjadi kuat kembali. Orang yang tidak memiliki kesaksian adalah tanda-tanda orang yang imannya mengalami kemunduran.

Orang yang taat akan selalu mendapat kekuatan yang baru dari Tuhan. Yesaya 40:31 berkata: “Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.” Kita memerlukan Tuhan setiap hari, kita perlu melibatkan Tuhan dalam hidup kita agar kita tetap kuat. Haleluyah. (gel)

DOA : “Tuhan Yesus, firman-Mu adalah terang dan kekuatanku. Berbekal ketaatan kepada firman-Mu aku mau hidup di hadapan-Mu. Amin.”

Must Read