HomeInfo RohaniRenungan Suluh ImanPercaya Perkataan Yesus

Percaya Perkataan Yesus

Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, anakmu hidup!” Orang itu percaya akan perkataan yang dikatakan Yesus kepadanya, lalu pergi. (Yoh 4:50)

Orang yang dimaksud dalam teks di atas adalah seorang pegawai istana raja Herodes yang tinggal di Kapernaum. Saat itu anaknya sedang sakit dan hampir mati. Tidak disebutkan penyakit apa yang dialami oleh anak itu, tetapi dalam narasi di sana disebutkan bahwa salah satu gejala penyakit tersebut adalah demam tinggi. Kita tahu bahwa pada zaman itu jumlah penyakit yang ada tidaklah sebanyak penyakit yang ada sekarang ini. Gejala sakit tersebut menunjukkan bahwa penyakitnya cukup berat dan mungkin belum ada obatnya. Tidak diceritakan di sana apakah anak itu sebelumnya telah diobati oleh para tabib atau oleh tenaga medis yang ada di Kapernaum.

Ketika pegawai istana itu tahu bahwa Yesus telah datang ke Galilea, yaitu daerah di mana kota Kapernaum berada, dengan segera ia pergi untuk meminta pertolongan agar Yesus menyembuhkan anaknya yang sakit. Yesus hanya memerintahkan orang itu untuk pergi dan pulang ke rumahnya. Kata Yesus kepadanya, “Pergilah, anakmu hidup!” Dari kalimat perintah tersebut kita dapat simpulkan bahwa anak pegawai istana itu sebenarnya telah mati, tetapi sekarang ia hidup karena perkataan Yesus yang berkuasa.

Pegawai istana itu tidak perlu melihat bukti lebih dulu bahwa anaknya telah hidup, tetapi ia beriman terhadap perkataan Yesus, lalu pergi, pulang ke rumahnya. Perkataan Yesus sangat singkat, namun penuh kuasa dan otoritas ilahi yang mendatangkan kesembuhan bagi anak pegawai istana tersebut. Dalam perjalanan pulang, hamba-hambanya memberitahukan bahwa anaknya telah hidup. Untuk mengalami mujizat dan pertolongan-Nya yang ajaib, Yesus mau agar kita percaya pada perkataan-Nya dan taat melakukan firman-Nya.

Adakah di antara kita yang saat ini sedang mengalami berbagai macam masalah, baik berupa sakit penyakit, masalah keluarga dan rumah tangga, masalah ekonomi, bisnis, pekerjaan atau lainnya? Kuatkanlah iman Anda! Percayalah sepenuhnya perkataan Yesus dalam firman-Nya; baik yang tertulis dalam Alkitab maupun lewat suara-Nya yang berbisik lembut dalam hati dan jiwa Anda. Lakukanlah segera apa yang dikatakan oleh-Nya. Anda pasti alami pertolongan-Nya! (phm)

DOA : “TuhanYesus, aku percaya firman-Mu Ya dan Amin. Kuasa perkataan firman-Mu ajaib dalam hidupku. Kuatkanlah imanku untuk bertindak sesuai firman-Mu. Amin.”

Previous article
Next article

Must Read