Pembentukan Karakter

… tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. (Rm 12:2)

Pembentukan karakter sangatlah perlu bagi hidup kita sebagai orang Kristen. Sebab tanpa karakter yang benar, orang percaya dapat tidak menjadi contoh di dalam tingkah laku dan perbuatannya.Membangun karakter ialah mengukir nilai atau prinsip hidup benar berdasarkan Alkitab. Sehingga akan menghasilkan pribadi yang berkarakter, yaitu mereka yang melakukan apa yang benar karena alasan yang benar sesuai dengan firman Tuhan.

Pembentukan karakter merupakan tanggung jawab diri kita masing-masing. Jadi, berbekal petunjuk Firman kita membentuk karakter kita agar berkenan di hadapan Tuhan. Karakter kita yang selama ini tidak berkenan kepada Tuhan, oleh tekad kita dan oleh pertolongan Roh Kudus kita ubah menjadi karakter yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Jika kita memiliki karakter yang benar, kita akan dapat mengenal Tuhan dengan sempurna.

Karakter yang sesuai dengan kehendak Tuhan dapat dibentuk dengan:
Pertama, kedisiplinan rohani dalam hal berdoa, membaca Alkitab, dan beribadah dengan teratur. Kita harus melakukan hal-hal tersebut dengan disiplin, sukacita, bersemangat dan rajin. Kita memerlukan kedisiplinan rohani agar tidak kehilangan fokus (1 Korintus 9:24). Kedua, pembaharuan budi. Kita harus membersihkan hati dan pikiran dari segala sampah, takhayul, filsafat kosong, dan menjauhi tontonan dan bacaan yang merusak akal budi (Amsal 4:23). Ketiga, berkomitmen di hadapan Tuhan. Kita harus siap bayar harga dan memiliki tekad pantang menyerah dalam berjuang membentuk karakter kita sesuai kehendak Tuhan (Pengkhotbah 9:10).

Selain memiliki karakter yang benar, sebagai orang percaya kita juga diberikan karunia dan talenta untuk dapat melayani Tuhan. Tujuan pemberian karunia dan talenta adalah untuk menolong dan menjadi berkat bagi orang lain sehingga mereka mempermuliakan Tuhan. Tuhan Yesus datang ke dunia ini untuk menjadi terang, kita harus meneladani perilaku Yesus. Untuk itu, karakter kita perlu dibentuk agar sesuai dengan kehendak Tuhan. Jangan menyerah, mari berjuang terus untuk mengubah karakter kita setiap hari menjadi seperti yang Tuhan inginkan dan layanilah Tuhan. (gel)

DOA : “Tuhan Yesus, tuntunlah dan tolonglah mampukan aku untuk dapat mengubah karakterku sehingga berkenan kepada-Mu. Amin.”

Must Read