Penyerahan, Iman & Pengharapan

Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak. (Maz 37:5)

Kalimat “Serahkanlah hidupmu kepada Tuhan” dalam Alkitab salinan bahasa asing ditulis: “Commit thy way unto LORD”. Artinya buatlah ikatan perjanjian jalanmu dengan Tuhan. Kalau kita berkomitmen kepada Tuhan, maka kita wajib menggenapinya. Kita harus menyerahkan jalan hidup kita kepada Tuhan. Banyak hal yang kita anggap betul tapi ujung-ujungnya mengecewakan. Ada hal yang kita anggap benar, tetapi ternyata keliru. Firman Tuhan sebenarnya telah mengingatkan kita: “Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut.” (Amsal 14:12). Orang yang menyerahkan jalan hidupnya kepada Tuhan, ia tidak pernah menganggap dirinya pandai. Ia tidak pernah mengandalkan pengetahuannya. Melainkan selalu berkomitmen kepada Tuhan dalam menjalani hidupnya.

Daud adalah seorang raja yang seringkali berperang, tetapi Daud tak pernah bersandar pada akalnya, dia tak bersandar pada kekuatannya. Daud selalu bertanya kepada Tuhan: “Apakah aku harus maju melawan orang Filistin itu? “Akan Kau serahkankah mereka ke dalam tanganku?” Dan Tuhan menjawab Daud: “Majulah, sebab Aku pasti akan menyerahkan orang Filistin itu ke dalam tanganmu.” 2 Samuel 5:19. Pada kesempatan lain saat Tuhan berkata, “Jangan maju,” maka Daud pun menurut. Ingatlah baik-baik, dalam keadaan yang sama, posisi yang sama, situasi yang sama, jawaban Tuhan belum tentu sama pula. Oleh karena itu kita harus dekat pada Tuhan, menyerahkan jalan kita pada Tuhan dan senantiasa memiliki kepekaan terhadap kehendak Tuhan.

Selain “Commit thy way unto the LORD” selanjutnya dalam salinan bahasa asing untuk kalimat “percayalah kepada-Nya” dikatakan: “trust also in Him”. Artinya bukan sekedar percaya, tapi juga menaruh pengharapan dan bersandar sepenuhnya pada Tuhan. Jika kita mau melakukan hal tersebut, maka Tuhan akan bertindak untuk membela kita. Mungkin saudara saat ini sedang membutuhkan pembelaan Tuhan. Ada tudingan-tudingan palsu terarah dan menyulitkan hidup saudara. Mari hiduplah berkomitmen kepada Tuhan, lakukanlah kehendak-Nya, miliki pengharapan kepada Tuhan dan bersandarlah sepenuhnya pada Tuhan, niscaya Tuhan akan menolong saudara. (wb)

DOA : “Tuhan Yesus, aku mau hidup berkomitmen kepada-Mu. Aku mau mempercayakan hidupku sepenuh-Nya kepada-Mu. Aku percaya kemenangan Engkau sediakan bagiku. Amin.”