Ringkasan Khotbah

Khotbah Minggu, 18 Januari 2015

TERANG vs GELAP
Ayat Pokok: Kejadian 1:1-3
Oleh: Pdt. A.H. Mandey
 
Terang dan Gelap tak bisa bersatu!  Mereka tak berjodoh!  Gelap ada karena ketidak-hadiran Terang.  Gelap takkan pernah menang atas terang, karena terang selalu menghalau kegelapan.  Di mana ada terang, kegelapan pun sirna! 

“Kamu adalah terang dunia.  Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.  Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu” – Matius 5:14-15. 

Khotbah Minggu, 11 Januari 2015

Bersukacita – Berdoa – Bersyukur
Ayat Pokok: Matius 5:14-16; 1 Tesalonika 5:16-18
Oleh: Pdt. A.H. Mandey
Allah Tritunggal adalah Terang – 1 Yohanes 1:5; Ibrani 1:3; 2 Korintus 3:18. Dia begitu terang, suci dan mulia, sehingga ketika bertemu dengan-Nya di Pulau Patmos, rasul Yohanes jatuh tersungkur, “Sama seperti orang mati. … di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik.” – Wahyu 1:16

Allah yang sepenuhnya Terang, berkenan mengangkat dan mempercayakan saudara dan saya yang dulunya adalah kegelapan, menjadi terang dunia!

Khotbah Minggu, 4 Januari 2015

Kamu Adalah Terang Dunia
Oleh: Pdt. A.H. Mandey
Ayat Pokok: Matius 5:14

Terang menghalau kegelapan. Dimana ada terang, di sana kegelapan sirna. Puji Tuhan, Dia menjadikan saudara dan saya terang bagi dunia dan mereka yang hidup dalam kegelapan!

“Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.”

Khotbah Tahun Baru, 1 Januari 2015

POKOK ANGGUR YANG BENAR
Ayat Pokok: Yohanes 15-1-8
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Yesus adalah Pokok Anggur yang benar!  “Benar” disini berarti ‘asli’, ‘sungguh’ – bukan palsu!  Bapa ialah Pengusahanya.  Setiap pengusaha kebun anggur tentu berharap akan memetik banyak buah dari setiap pokok anggur yang dikerjakannya. 

Khotbah Minggu, 28 Desember 2014

Yesus Adalah Terang
Ayat Pokok: Matius 16:13-18
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Dalam ayat pokok, Yesus menyebut Anak Manusia, sebab Yesus dilahirkan oleh seorang manusia. Namun di ayat 15 Yesus bertanya kepada murid-muridNya, “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Jawab Simon Petrus (ayat 16): “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” Mesias artinya Kristus yaitu “Yang Diurapi”. Jawaban Petrus merupakan ilham dari Allah.

Khotbah Kebaktian Natal, 25 Desember 2014

Kamu Adalah Terang Dunia
Ayat Pokok: Yesaya 9:1-3
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar,…(ayat 2). Yesus adalah terang itu. Dia datang pada waktu dunia dalam kegelapan. Bangsa yang dalam kegelapan itu merupakan biji mata Allah yang pada saat itu sudah terpecah menjadi dua bagian yaitu Israel dan Yehuda. Mereka melakukan peperangan dan tidak dapat mengalahkan musuh sebab mereka berperang tanpa mengikutsertakan Tuhan. Mereka mengandalkan kekuatan sendiri. Lain halnya dengan Daud yang selalu mengandalkan Tuhan (Yesaya 7:1-14). Daud berkata, “Tuhan adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut?" Dan Daud pun selalu mendapatkan kemenangan dari Tuhan.

Khotbah Minggu, 21 Desember 2014

Suara Allah
Ayat Pokok: Ibrani 1:4
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Penulis surat Ibrani adalah Rasul Paulus; orang yang mengenal tata cara hidup orang Yahudi. Surat Ibrani ditujukan kepada orang-orang Ibrani yang suku kebangsaannya adalah Yahudi. Seluruh kitab Kejadian sampai dengan Wahyu isinya adalah ilham dari Allah yang diberikan kepada manusia untuk menulisnya. Dalam 2 Timotius 3:16 dikatakan bahwa segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan, dan mendidik orang dalam kebenaran.

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)