Ringkasan Khotbah

Khotbah Minggu, 18 September 2016

Jangan Padamkan Roh
Ayat Pokok: 1 Tesalonika 5:19
Oleh: Ps. Stevan Sos

Multiplikasi/pelipatgandaan adalah tanggung jawab gereja local karena apapun yang hidup seharusnya tidak berdiam diri. Karena saat kita berdiam diri kita sedang mati. Yesus membuatnya sangat jelas dalam perumpamaan, kalau biji sesawi itu tinggal sendiri, itu akan mati dengan sendirinya dan tidak menghasilkan apa-apa. Tetapi kalau biji itu jatuh ke tanah dan mati itu akan menghasilkan banyak buah. Dan Puji Tuhan! Banyak sekarang gereja yang melihat kebenaran itu.

Roh dalam bahasa Yunani maknanya tentang api. Sebab kata ‘padamkan’ selalu berkaitan dengan api. Diawali dari kitab para rasul, ketika Yesus sudah siap terangkat ke sorga. Yesus perintahkan murid-murid untuk tinggal di Yerusalem dan walau telah berjalan bersama Yesus selama 3,5 tahun, mereka masih bergumul dalam hal tertentu. Mereka belum berjalan baik satu dengan yang lain, tetapi mereka terus berkembang maju dan menunggu di Yerusalem sampai menerima kuasa Roh Kudus.

Khotbah Minggu, 11 September 2016

JADIKAN SEMUA BANGSA MURID-KU
Ayat Pokok:  Matius 28:16-20
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.  Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Ini adalah perintah Tuhan Yesus kepada setiap saudara dan saya; perintah dari Seorang yang memiliki “segala kuasa di sorga dan di bumi.”  Haleluya! 

Khotbah Minggu, 4 September 2016

ALLAH PEDULI
Ayat Pokok: Matius 14:13-21
Oleh: Pdt. A.H. Mandey
 
Menarik untuk digaris-bawahi, bahwa kisah Tuhan Yesus memberi makan 5000 orang dari 5 ketul roti dan 2 ekor ikan, sisa 12 bakul, dicatat dalam ke-4 Injil, bahkan diulang dalam Injil Matius & Markus – Matius 14:13-21; Markus 6:31-44; Lukas 9:10-17; Yohanes 6:1-14 + Matius 14:15-21; Markus 6:31-32.

Alih-alih menyuruh orang banyak itu pulang karena hari sudah mulai malam, seperti usulan muridNya, Tuhan Yesus malah memerintahkan murid-murid untuk memberi mereka makan.  “Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan.”  Bukti nyata betapa Yesus sangat peduli pada orang-orang yang lapar.

Khotbah Minggu, 28 Agustus 2016

BIJAK & MENGERTI KEHENDAK ALLAH
Ayat Pokok: Efesus 5:15-17
Oleh: Pdt. Victor Malino, Magelang
 
Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.  Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.  

Khotbah Minggu, 21 Agustus 2016

Mencari Tuhan
Ayat Pokok: Kisah Para Rasul 17:22-24
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Kalau sampai detik ini saudara dan saya masih hidup, bernafas, bergerak, itu semua berkat Tuhan! Keberadaan dan campur tangan Tuhan amat nyata dalam segala yang diciptakan-Nya! Dia berharap manusia mengerti dan mulai mencari Dia, sang pencipta langit, bumi dan segala isinya!

Khotbah Minggu, 14 Agustus 2016

MENANG DALAM PERGUMULAN
Ayat Pokok: Kolose 1:6
Oleh: Pdt. Yosua Banibi, Poso, Sulawesi Tengah

Hidup ini sarat tantangan dan masalah.  Setiap orang pernah atau bahkan sedang mengalaminya.  Bedanya: orang-orang percaya memiliki Firman Allah dan Roh Kudus yang memberi kekuatan dan kesanggupan untuk tetap teguh dalam iman sampai tiba di ujung perjalanan: sorga yang Tuhan telah sediakan bagi setiap orang yang percaya kepadaNya.  Haleluya. 

Khotbah Minggu, 7 Agustus 2016

TUHAN YESUS KRISTUS
Ayat Pokok: Kejadian 1:1; 26
Oleh: Pdt. A.H. Mandey
 
Allah adalah Allah Tritunggal: Allah Bapa, Allah Anak & Allah Roh Kudus.  Dia sudah ada jauh sebelum langit dan bumi dijadikan – “Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.”  Selang enam hari kemudian, Dia menciptakan manusia: ”Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” 

Jadwal Ibadah Minggu

Kebaktian Umum

05.30 WIB Umum I
08.15 WIB Umum II
11.15 WIB Umum III
17.00 WIB Umum IV

Sekolah Minggu
07.30 WIB Sekolah Minggu (besar)
09.00 WIB Sekolah Minggu (kecil)
17.30 WIB Sekolah Minggu (kecil)