Ringkasan Khotbah

Khotbah Minggu, 23 September 2018

TUHAN WARISANKU, TUHAN ITU PIALAKU
Ayat Pokok: Mazmur 16:5-6
Oleh: Pdt. Daniel Rahardjo

Yusuf dipenjara bukan karena dia bersalah, tapi difitnah oleh istri Potifar. Di hadapan manusia penjara adalah tempat yang nista, tetapi Tuhan telah mengubahnya menjadi tempat keberuntungan karena di sanalah Yusuf berhasil mengartikan mimpi Firaun sehingga dia dilantik menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir.

Tuhan tidak pernah salah melemparkan tali pengukur. “Tali pengukur jatuh bagiku di tempat-tempat yang permai; …” (Mz. 16:6). Berbeda dengan Bangsa Yehuda yang dibuang ke Babel selama 70 tahun sebagai ganjaran karena terus-menerus tidak mendengarkan perkataan Tuhan. Namun demikian dalam Yeremia 29:11 Tuhan menegaskan bahwa rancangan-Nya bukan rancangan kecelakaan, melainkan rancangan damai sejahtera untuk memberikan hari depan yang penuh harapan.

Khotbah Minggu, 16 September 2018

RAHASIA HIDUP PENUH SUKACITA
Ayat Pokok: Filipi 1:12-26
Oleh: Pdt. Maggie Pakasi

Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. Demikian yang dikatakan Paulus dalam kesaksiannya di penjara. Perkataannya ini mencerminkan keteguhan imannya. Penjara tidak membuatnya gentar dan patah semangat. Karena dia tahu semua yang terjadi atas hidupnya ada dalam rancangan Tuhan. “… Tentang hal itu aku bersukacita. Dan aku akan tetap bersukacita, karena aku tahu, bahwa kesudahan semuanya ini ialah keselamatanku oleh doamu dan pertolongan Roh Yesus Kristus” (Flp 1:18-19).

Khotbah Minggu, 9 September 2018

MENCAPAI GARIS AKHIR
Ayat Pokok: 1 Korintus 9:23
Oleh: Pdt. David Aritonang

Paulus, yang dulu menganggap ke-Yahudiannya sebagai sesuatu yang sangat berharga, setelah bertemu dengan Yesus pandangannya berubah. “Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. … karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya” (Filipi 3:7-8).

Pengenalan akan Kristus Yesus membuat Paulus melepaskan semuanya dan menganggapnya sampah. Dan segala sesuatu yang dia lakukan, dia melakukannya karena Injil (1 Kor. 9:23). Luarbiasa, bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tetapi kenapa Paulus bisa? Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, …” (Roma 1:16).

Khotbah Minggu, 2 September 2018

KITA ADALAH ORANG-ORANG YANG TERPANGGIL
Ayat Pokok: Yudas 1:1-2
Oleh: Pdt. A.H. Mandey

Yudas adalah seorang hamba Yesus Kristus yang dipakai Tuhan membuka rahasia-rahasia sebelum Kitab Wahyu. Surat Yudas ini ditujukan kepada mereka yang terpanggil. Di awal surat tertulis “Dari Yudas”, menunjukkan dia bertanggung jawab atas surat yang dia tulis. Dalam Alkitab ada banyak tulisan. Ada yang ditulis oleh imam-imam, dan ada yang ditulis oleh murid-murid. Semua tulisan itu dengan ilham Allah. Jadi bukan hasil pikiran manusia. 2 Tim. 3:16 katakan “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan, dan mendidik orang dalam kebenaran.”

Khotbah Minggu, 26 Agustus 2018

ROH HIKMAT DAN WAHYU
Ayat Pokok: Efesus 1:15-17
Oleh: Pdt. Johannis Polke Suwuh (Seattle, USA)

Sebagai orang Kristen, kita wajib minta Roh Hikmat dan Wahyu kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus. Untuk apa? Untuk mengenal Dia dengan benar. Ada banyak orang di dunia ini yang gagal karena tidak mengenal Tuhan dengan benar. Sukses dalam karir, kaya raya dalam materi, tapi mati bunuh diri. Hal ini juga bisa terjadi pada anak-anak Tuhan.

Khotbah Minggu, 19 Agustus 2018

BUKALAH PINTUMU
Ayat Pokok: Kidung Agung 5:2-6
Oleh: Pdt. Ari Nelwan (Maluku Utara)

Ayat-ayat ini mencatat tentang hubungan cinta antara Salomo dan Sulamit. Ketika Salomo tiba di muka pintu Sulamit, dia mengetuk pintu dan berkata, “Bukalah pintu, dinda, manisku, merpatiku, idam-idamanku, karena kepalaku penuh embun, dan rambutku penuh tetesan embun malam!” Sebuah kalimat pujian dan rayuan yang membuat terpesona orang yang mendengarnya.

Yesus juga berdiri di muka pintu dan mengetuk, “jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membuka pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku” (Wahyu 3:20). Tujuan Yesus masuk ke dalam kita membangun sebuah hubungan yang kuat antaraYesus dan gereja.

Khotbah Minggu, 12 Agustus 2018

DAUD MEMUKUL KALAH ORANG FILISTIN
Ayat Pokok: 1 Tawarikh 14:8-17
Oleh: Pdt. Kris Sunaryo

Orang Filistin terus-menerus mengganggu bangsa Israel. Bahkan setelah Daud diurapi menjadi raja atas seluruh Israel, mereka maju untuk menangkap Daud. Maka bertanyalah Daud kepada Allah: “Apakah aku harus maju melawan orang Filistin itu dan akan Kauserahkankah mereka ke dalam tanganku?” TUHAN menjawab: “Majulah, Aku akan menyerahkan mereka ke dalam tanganmu” (ay. 10). Dan Daud memukul mereka kalah di sana. Kedua kalinya orang Filistin menyerbu bangsa Israel di lembah Refaim. Kali ini Allah sendiri berperang di depan bangsa Israel dan memukul kalah orang Filistin.

Demikian penyertaan Tuhan terhadap Daud, orang yang diurapinya; selalu ada jawaban yang pasti. “Lalu termasyurlah nama Daud di segala negeri dan TUHAN mendatangkan rasa takut kepadanya atas segala bangsa” (ay. 17).

Jadwal Ibadah Minggu

  Kebaktian Umum
  05.30 Ibadah I
  08.15 Ibadah II
  11.15 Ibadah III
  17.00 Ibadah IV

Sekolah Minggu
08.15 Kelas Besar
09.00 Kelas Kecil
11.30 Kelas Kecil
17.30 Kelas Kecil